PENDIDIKAN ANAK PRA SEKOLAH MENURUT MARIA MONTESSORI: STUDI ANALISIS DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM, YOGYAKARTA

DEWITRI LESTARI, NIM. 98474107 (2003) PENDIDIKAN ANAK PRA SEKOLAH MENURUT MARIA MONTESSORI: STUDI ANALISIS DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ANAK PRA SEKOLAH MENURUT MARIA MONTESSORI: STUDI ANALISIS DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM, YOGYAKARTA)
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ANAK PRA SEKOLAH MENURUT MARIA MONTESSORI: STUDI ANALISIS DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM, YOGYAKARTA)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Maria Montessori seorang doctor wanita pertama di Italia, mengembangkan suatu system pendekatan terhadap anak balita yang dikenal dengan metode Montessori. Proses pendidikan terhadap anak balit dengan metode ini menekankan pada kegiatan yang mampu untuk merangsang anak balita agar lebih mandiri, mengembangkan rasa disiplin dan percaya diri dalam suasana aman dan penuh kasih sayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research),dan bersifat diskriptif analitik, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode analisa datanya menggunakan metode analisis data kualitatif dengan metode penalaran berfikir deduktif dan induktif. Pendidikan Montessori adalah pendidikan yang berdasarkan pada prinsip kebebasan dan prinsip mendidik diri sendiri, lebih bersifat individualitas. Konsep Montessori adalah konsep yang masih bersifat tradisional, karena pendidikan yang dibutuhkan sekarang adalah pendidikan modern dalam arti pendidikan yang tidak hanya menghasilkan anak didik cerdas intelekyual saja namun cerdas dalam emosional, spiritual dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ahmad Arifi M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pendidikan anak, pra sekolah, Maria Montessori, pendidikan Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 May 2014 15:59
Last Modified: 03 Mar 2017 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12606

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum