TELAAH BAHAN AJAR BAHASA ARAB “AYO FASIH BERBAHASA ARAB” MADRASAH ALIYAH KELAS XII KARYA HASAN SAEFULLAH (TINJAUAN MATERI BERDASARKAN TEORI MACKEY)

LUTFI ABDUL BASIT, NIM. 10420073 (2014) TELAAH BAHAN AJAR BAHASA ARAB “AYO FASIH BERBAHASA ARAB” MADRASAH ALIYAH KELAS XII KARYA HASAN SAEFULLAH (TINJAUAN MATERI BERDASARKAN TEORI MACKEY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TELAAH BAHAN AJAR BAHASA ARAB “AYO FASIH BERBAHASA ARAB” MADRASAH ALIYAH KELAS XII KARYA HASAN SAEFULLAH (TINJAUAN MATERI BERDASARKAN TEORI MACKEY))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (957kB) | Preview
[img] Text (ELAAH BAHAN AJAR BAHASA ARAB “AYO FASIH BERBAHASA ARAB” MADRASAH ALIYAH KELAS XII KARYA HASAN SAEFULLAH (TINJAUAN MATERI BERDASARKAN TEORI MACKEY))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya sebuah teori analisis materi yang ditawarkan oleh William Francis Mackey, yang penulis teliti dengan memandang dari bahan ajar “Ayo Fasih Berbahasa Arab” sebagai sebuah perbandingan analisis materi, alasan penulis mengambil buku ini, sebab buku ini menjadi buku teks yang ditujukan kepada siswa/i khususnya Madrasah Aliyah dalam tahapan akhir pembelajaran bahasa Arab disekolah. Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan jenis penelitian perpustakaan (library research), Sementara itu dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis isi (contentanalysis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi materi yang dituturkan dalam bahan ajar bahasa Arab “Ayo Fasih Berbahasa Arab” karya Hasan Saefullah berdasarkan teori William Francis Mackey yaitu tentang bagaimana seleksi (pemilihan materi), gradasi (pengorganisasian materi), presentasi (penyajian materi), dan repetisi (bahan penajaman) yang ada dalam buku tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan kesamaan dengan teori yang dikemukakan oleh William Francis Mackey yakni telah memenuhi seleksi yang baik, karena penyususnan materinya yang sesuai dengan tujuan, tingkat kemahiran peserta didik, dan lama suatu program pembelajaran bahasa. Gradasi yang baik, karena penyajian materi lebih mendahulukan kaidah-kaidah sederhana yang lebih berguna dari pada kaidah-kaidah yang kompleks dan khilaf. Walaupun terjadi inkosistensi dalam penyajian maupun pemilihan materinya. Presentasi yang baik, secara umum menggunakan bahasa Indonesia sebagi kata pengantar, presentasi materi menggunakan media juga terpenuhi, mulai tebel, dan gambar-gambar yang dapat membantu pemahaman. Repetisi yang baik, juga menunjukkan penajaman pada tiap-tiap maharoh menyimak, berbicara, membaca dan menulis, walapun buku ini menunjukkan repetisi yang kurang baik dari segi kosa kata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : DR Sembodo Ardi Widodo
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 May 2014 13:07
Last Modified: 28 Jul 2017 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12616

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum