STRATEGI PENGEMBANGAN PANTI ASUHAN YATIM PIATU AR-RODIYAH, TEMBALANG SEMARANG JAWA TENGAH (Tinjauan Analisis SWOT Kualitatif)

NIHAYATUL WAHIDAH, NIM: 08240019 (2013) STRATEGI PENGEMBANGAN PANTI ASUHAN YATIM PIATU AR-RODIYAH, TEMBALANG SEMARANG JAWA TENGAH (Tinjauan Analisis SWOT Kualitatif). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN PANTI ASUHAN YATIM PIATU AR-RODIYAH, TEMBALANG SEMARANG JAWA TENGAH (Tinjauan Analisis SWOT Kualitatif))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN PANTI ASUHAN YATIM PIATU AR-RODIYAH, TEMBALANG SEMARANG JAWA TENGAH (Tinjauan Analisis SWOT Kualitatif))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan di lapangan. Adapun metode pengumpula data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah pengasuh, pengurus-pengurus, sekretaris, serta anakanak asuhnya. Sedangkan obyek dari penelitian ini yaitu strategi yang diterapkan Panti Asuhan Yatim Piatu Arrodiyah dalam mengembangkan potensi dan keterampilan anak-anak asuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang strategi pengembangan anak asuh di Panti Asuhan yatim piatu Arrodiyah serta hasil Analisis SWOT mengenai kondisi Panti Asuhan dari sisi internal dan eksternal (SWOT), agar pengetahuan ini dapat dijadikan rujukan bagi lembaga-lembaga sejenis yang ada. Setelah melewati beberapa tahap penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa strategi pengembangan anak asuh yang diterapkan oleh Pihak Panti Asuhan Yatim Piatu Arrodiyah, Tembalang Semarang di nilai sudah cukup baik dan telah berhasil mendidik anak-anak asuh tersebut untuk menjadi pribadi-pribadi yang mandiri, disiplin, pekerja keras dan memiliki jiwa-jiwa enterpreneurship yang tinggi, serta berwawasan intelektual yang disertai penanaman nilai-nilai keislaman didalamnya. Hal ini terlihat dari para alumni yayasan Yatim Piatu Ar-rodiyah yang saat ini telah menjadi enterpreneurship muda. Salah satu dari anak asuh tersebut kini menjadi mahasiswa sekaligus memiliki usaha bubur ayam dan ticketing online, dan telah memiliki beberapa cabang di Semarang. Hasil Analisis SWOT juga menunjukkan bahwa Lembaga Panti Asuhan Yatim Piatu Ar-rodiyah pada saat ini dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang dari lembaga itu sendiri serta program-program pengembangan anak asuh, namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman yang ada. Kata Kunci: Strategi dan Pengembangan SDM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi dan Pengembangan SDM
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 May 2014 10:32
Last Modified: 17 Dec 2015 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum