PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI POLRESTA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2013)

M. JAMIL , NIM. 09340042 (2014) PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI POLRESTA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI POLRESTA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2013))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI POLRESTA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2013))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Negara Indonesia mempunyai kebijakan yang mengatur terkait persoalan KDRT, kebijakan tersebut dirumuskan dalam UU No. 23 Tahun 2004 tentang PKDRT. Adanya kebijakan ini tidak serta-merta menjadi ancaman bagi pelaku KDRT, itu terbukti dengan banyaknya kasus-kasus KDRT yang terjadi di Indonesia tiap tahunnya, seperti halnya yang diamati Penyusun terkait KDRT banyak terjadi di kota Yogyakarta, baik yang diamati lewat media massa maupun yang didapatkan di LSM atau Lembaga yang lebih khusus memperhatikan KDRT itu sendiri. Lembaga yang bertanggungjawab dalam penegakan hukum di wilayah hukum Kota Yogyakarta adalah Polresta Yogyakarta. Berangkat dari kegelisahan itulah Penyusun tertarik meneliti lebih dalam terkait persoalan penegakan hukum tindak pidana KDRT di Polresta Yogyakarta. Adapun permasalahan dari penelitian ini yang Penyusun paparkan adalah: bagaimana proses penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan Polresta Yogyakarta dalam penegakan hukum tindak pidana KDRT serta faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya KDRT di wilayah hukum Polresta Yogyakarta. Penyusun menggunakan metode penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang obyeknya langsung berasal dari Polresta Yogyakarta yang berupa data yang di dapat melalui wawancara dengan penegak hukum yakni Unit PPA Polresta Yogyakarta. Selain itu, di dukung pula dengan penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, maupun laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu yang berkaitan dengan penegakan hukum tindak pidana KDRT. Pendekatan yang digunakan dalam Penyusunan ini adalah pendekatan undang-undang (statute approach) dilakukan dengan menelaah semua peraturan perundang-undangan yang bersangkut paut dengan permasalahan KDRT, serta pendekatan kasus (case approach) digunakan dengan melakukan telaah pada kasus-kasus yang berkaitan dengan isu hukum yang dihadapi. Penelitian ini bersifat Deskriptif Analitik, yaitu penelitian untuk menyelesaikan masalah dengan cara mendeskripsikan masalah melalui pengumpulan data dalam bentuk kata-kata atau gambar, kemudian dianalisa sesuai dengan data yang Penyusun temukan di lapangan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah proses penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan Polresta Yogyakarta pada umumya sudah sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2004 tentang PKDRT, UU No. 2 Tahun 2002 tentang POLRI serta undang-undang lainnya. Ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti memaksimalkan sosialisasi PKDRT serta bekerjasama dengan instansi atau lembaga terkait untuk meminimalisir terjadinya KDRT. Faktor yang menyebabkan kekerasan dalam rumah tangga di wilayah hukum Polresta Yogyakarta yaitu faktor cemburu, faktor karena mempunyai PIL/WIL (selingkuhan), faktor ekonomi, karena ajaran agama memperbolehkan, faktor pendidikan rendah, faktor karena adanya perkawinan dini, kurang pemahaman terhadap agama yang dianut, serta adanya pihak ketiga (selingkuhan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Bahiej, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penegakan Hukum, Unit PPA, KDRT.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jun 2014 13:44
Last Modified: 16 Aug 2016 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12655

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum