KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA PUSTAKAWAN PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI YOGYAKARTA (Studi Pada Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

SRI LESTARI , NIM. 1120010020 (2013) KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA PUSTAKAWAN PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI YOGYAKARTA (Studi Pada Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA PUSTAKAWAN PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI YOGYAKARTA (Studi Pada Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA PUSTAKAWAN PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI YOGYAKARTA (Studi Pada Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (468kB)

Abstract

Pustakawan sebagai SDM di perpustakaan menjadi kunci utama dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka. Oleh sebab itu diperlukan kinerja yang baik agar dapat memberikan pelayanan yang prima. Para ahli mengungkapkan bahwa kinerja mempunyai hubungan yang erat dengan kepuasan dan motivasi kerja seseorang. Garis besar pendapat para ahli menyimpulkan bahwa semakin tinggi kepuasan dan motivasi kerja maka kinerja akan meningkat. Dengan mengambil sampel pustakawan pada Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta, penelitian ini mempermasalahkan hubungan antara kepuasan kerja dengan motivasi kerja; motivasi kerja dengan kinerja; kepuasan kerja dengan kinerja; serta hubungan simultan antara kepuasan dan motivasi kerja dengan kinerja pustakawan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kuantitatif dengan pendekatan survey. Pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling secara sederhana (simple random sampling). Instrumen pengumpulan data adalah seperangkat angket yang menggunakan skala Likert. Uji normalitas data dilakukan dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Hipotesis pertama, kedua dan ketiga diuji dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, sedangkan hipotesis keempat menggunakan rumus korelasi dan teknik regresi berganda yang dilanjutkan dengan uji F. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kepuasan kerja berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 3.43, motivasi kerja dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3.85, dan kinerja pustakawan berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3.97; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja dengan motivasi kerja yaitu dengan koefisien korelasi sebesar 0,378 dan signifikansi 0,007; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja pustakawan yaitu dengan koefisien korelasi sebesar 0,572 dan signifikansi 0,000; (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja pustakawan yaitu dengan koefisien korelasi sebesar 0,508 dan signifikansi 0,000; dan (5) terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara kepuasan kerja dan motivasi kerja dengan kinerja pustakawan yaitu dengan koefisien regresi b1 sebesar 0,295, b2 sebesar 0,351 dan nilai konstanta a sebesar 1,648 dengan tingkat signifikansi pada uji F sebesar 0,000 (0,000 < 0,005), sehingga persamaan regresinya adalah (Y = 1,648 + 0,295 + 0,351). Sedangkan kontribusi model regresinya diketahui dari R square sebesar 0,426, artinya kepuasan kerja dan motivasi kerja secara simultan memberikan kontribusi terhadap kinerja pustakawan sebesar 42,6%, adapun sisanya yaitu sebesar 57,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor (variabel) yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mustofa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepuasan kerja, motivasi kerja, kinerja pustakawan
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2014 07:58
Last Modified: 08 Mar 2024 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12662

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum