PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION (STAD) DI MTS NEGERI YOGYAKARTA II

KHOLISHIN, NIM. 08680060 (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION (STAD) DI MTS NEGERI YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION (STAD) DI MTS NEGERI YOGYAKARTA II)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION (STAD) DI MTS NEGERI YOGYAKARTA II)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA biologi melalui model Cooperative Learning tipe jigsaw dan tipe Student Teams Achievement Divission (STAD) di MTs Negeri Yogyakarta II 2012/2013 pada materi gerak tumbuhan dan tanggapan siswa terhadap model Cooperative Learning tipe Jigsaw dan tipe Students Teams Achievement Divission (STAD) materi pokok Gerak Tumbuhan kelas VIII di MTs Negeri Yogyakarta II tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi eksperimental), dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Negeri Yogyakarta II dengan sampel diambil secara purposive sampling sebanyak tiga kelas yaitu kelas VIII E (sebagai kelas eksperimen 1), kelas VIII F (sebagai kelas eksperimen 2) dan kelas VIII G (sebagai kelas kontrol). Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes, dan angket tanggapan belajar Biologi siswa. Analisis data untuk tanggapan siswa belajar Biologi menggunakan analisis deskriptif dan analisis hasil belajar siswa pada aspek kognitif menggunakan uji anava satu jalur. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA biologi melalui model Cooperative Learning tipe jigsaw dan tipe Student Teams Achievement Divission (STAD), hal tersebut ditunjukkan dengan nilai p = 0,030 (p<0.05). Demikian pula data tanggapan siswa menunjukkan tanggapan yang sangat baik, hal tersebut ditunjukkan dengan persentase model Cooperative Learning tipe jigsaw dan tipe Student Teams Achievement Divission (STAD) 90.62% dan 84.37%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA biologi melalui model Cooperative Learning tipe jigsaw dan tipe Student Teams Achievement Divission (STAD) dan tanggapan siswa yang tergolong sangat baik terhadap model Cooperative Learning tipe Jigsaw dan tipe Students Teams Achievement Divission (STAD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, Model Cooperative Learning, Tanggapan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jun 2014 10:50
Last Modified: 07 Mar 2016 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12668

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum