EFEKTIFITAS KOMUNIKASI SANTRI MELALUI MEDIA FACEBOOK TENTANG ILMU KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

AMIN BAKHTIAR RISQI, NIM. 08210052 (2013) EFEKTIFITAS KOMUNIKASI SANTRI MELALUI MEDIA FACEBOOK TENTANG ILMU KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS KOMUNIKASI SANTRI MELALUI MEDIA FACEBOOK TENTANG ILMU KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS KOMUNIKASI SANTRI MELALUI MEDIA FACEBOOK TENTANG ILMU KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas komunkasi santri melalui media facebook tentang ilmu keagamaan di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif yakni menguraikan dan menggambarkan seberapa jauh efektifitas komunikasi yang terjadi pada media facebook yang dilakukan oleh santri di Pondok Pesanten Al Luqmaniyyah Yogyakarta dengan cara mengumpulkan informasi dari reponden dengan menggunakan angket. Adapun Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Angket, wawancara, dan study dokumentasi. Dan sumber datanya adalah pengurus, dewan asatidz, serta santri di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Proses komunikasi santri tentang ilmu keagamaan dalam facebook di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah yogyakarta, telah menunjukan berfungsinya prinsip-prinsip komunikasi sehingga dapat berjalan secara efektif. Prinsip-prinsip komunikasi tersebut mengandung makna adanya keterkaitan dan persamaan antara komunikator dan komunikan baik dalam hal berfikir, pemahaman terhadap isi update-an, perasaan, keyakinan, dan adanya kesediaan untuk mengamalkan pesan-pesan yang diterimanya.(2) Untuk melihat efektifitas komunikasi santri melalui media facebook tentang ilmu keagamaan di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah, dapat dilihat dari lima aspek yang dikemukakan oleh Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss, yaitu: Adanya pngertian,timbulnya kesenangan,adanya pengaruh pada sikap, adanya hubungan yang baik, adanya tindakan. Dari seluruh indikator pertanyaan yang mengandung kelima aspek komunikasi tersebut telah penulis katagorisasikan dengan berbandingan rerata hipotetik dan rerata empirik, menghasilkan rerata empirik lebih besar dari rerata hipotetik, artinya kohesivitas aspek adanya pengertian ini tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rozak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi santri
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jun 2014 07:48
Last Modified: 16 Oct 2015 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12680

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum