PANDANGAN TAQIYUDDIN AN-NABHANI TENTANG KEPRIBADIAN ISLAM YANG DAPAT DIAPLIKASIKAN DALAM BIMBINGAN KONSELING ISLAM

SITI MUTAHAROH , NIM. 09220039 (2014) PANDANGAN TAQIYUDDIN AN-NABHANI TENTANG KEPRIBADIAN ISLAM YANG DAPAT DIAPLIKASIKAN DALAM BIMBINGAN KONSELING ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PANDANGAN TAQIYUDDIN AN-NABHANI TENTANG KEPRIBADIAN ISLAM YANG DAPAT DIAPLIKASIKAN DALAM BIMBINGAN KONSELING ISLAM )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PANDANGAN TAQIYUDDIN AN-NABHANI TENTANG KEPRIBADIAN ISLAM YANG DAPAT DIAPLIKASIKAN DALAM BIMBINGAN KONSELING ISLAM )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepribadian merupakan sesuatu yang menarik perhatian banyak pihak. Banyak teori-teori yang mencoba memberikan beberapa pemahaman terkait makna kepribadian tersebut dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Sulitnya penerapan konsep kepribadian Islam disebabkan tidak dikembangkannya teori tersebut oleh pemikir Islam sendiri. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini berupaya mengkaji pemikiran seorang tokoh Muslim Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani yang memiliki gagasan mengenai kepribadian Islam. Menggunakan metode kepustakaan (library research) bersifat kualitatif deskriptif analitik. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh konsep bahwa menurut Taqiyuddin an-Nabhani kepribadian Islam menurut Taqiyuddin an-Nabhani adalah terdiri dari pola pikir Islam dan pola sikap Islam. Sementara itu beberapa pandangan dari tokoh Muslim tersebut yang dapat diaplikasikan diantaranya: 1) memandang manusia sebagi makhluk kaya potensi, 2) menyadari bahwa kepribadian adalah kesatuan pola pikir dan pola sikap, 3) kepribadian terbentuk melalui pembelajaran/pengkajian, pembiasaan, pemaksaan diri dan nasehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Moch Nur Ichwan, MA
Uncontrolled Keywords: Key Word: Kepribadian Islam, Taqiyuddin an-Nabhani.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jun 2014 11:09
Last Modified: 29 Oct 2015 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum