PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IMLĀ’ DI KELAS XI MA N GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2013-2014

EFRINDA NELI NUR’AINI , NIM. 10420032 (2014) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IMLĀ’ DI KELAS XI MA N GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IMLĀ’ DI KELAS XI MA N GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2013-2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IMLĀ’ DI KELAS XI MA N GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2013-2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah problem linguistik dan non linguistik. Adapun problem linguistik yaitu kurangnya pengetahuan dan pengenalan mereka terhadap tata cara menulis Arab yang sesuai dengan kaidah penulisan arab, kurang terbiasanya mereka dalam menulis Arab, serta kurangnya penekanan dari guru dalam pengajaran menulis Arab. Sedangkan problem non linguistik yaitu mereka berasal dari sekolah yang berbeda yaitu dari SMP atau SMP N, serta lingkungan yang kurang mendukung mereka dalam mempelajari menulis Arab. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru dan siswa kelas XI MA N Gandekan Bantul baik dari aspek linguistik maupun non linguistik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di MA N Gandekan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan; observasi, dokumentasi, wawancara, dan analisis data. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: 1). Problematika pembelajaran imlā’ di kelas XI MA N Gandekan Bantul yaitu peserta didik kesulitan dalam menulis huruf-huruf hijaiyah dengan bentuk yang berbeda-beda, kurang mengerti dalam membedakan huruf mana yang ditulis diatas garis dan dibawah garis, kesulitan dalam menyambung huruf-huruf hijaiyah, kesulitan dalam menulis huruf yang hampir sama pengucapannya (makhorijul huruf). Sedangkan problematika yang dialami guru yaitu Kurangnya alokasi waktu untuk pembelajaran imlā’. 2). Usaha yang telah dilakukan adalah menumbuhkan memotivasi siswa, menuntun mereka dengan pelan-pelan, memberi pencerahan kepada siswa dengan menjelaskan dan mendorong siswa agar tidak menganggap belajar bahasa Arab khususnya imlā’ (menulis) itu sulit, menumbuhkan minat dan semangat siswa, Siswa berusaha selalu belajar di kelas ataupun di rumah, Siswa selalu berusaha mengikuti pelajaran bahasa Arab khususnya berlatih menulis dengan serius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Asrori Saud, M.Si
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jun 2014 15:16
Last Modified: 05 May 2017 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum