Isti'mal qamus al lughah al 'arabiyyah wa fawaiduhu fi fahm ma'ani al tarakib al lughawiyyah fi ta'lim al lughah al 'arabiyyah min al nahiyyah al 'amaliyyah fi mahd al iman al islamiy al 'asriy Ngadirojo Wonogiri Jawa Tengah

ACHMAD MUHAEMIN IRFANDI, NIM. 09420136 (2013) Isti'mal qamus al lughah al 'arabiyyah wa fawaiduhu fi fahm ma'ani al tarakib al lughawiyyah fi ta'lim al lughah al 'arabiyyah min al nahiyyah al 'amaliyyah fi mahd al iman al islamiy al 'asriy Ngadirojo Wonogiri Jawa Tengah. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Isti'mal qamus al lughah al 'arabiyyah wa fawaiduhu fi fahm ma'ani al tarakib al lughawiyyah fi ta'lim al lughah al 'arabiyyah min al nahiyyah al 'amaliyyah fi mahd al iman al islamiy al 'asriy Ngadirojo Wonogiri Ja)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Isti'mal qamus al lughah al 'arabiyyah wa fawaiduhu fi fahm ma'ani al tarakib al lughawiyyah fi ta'lim al lughah al 'arabiyyah min al nahiyyah al 'amaliyyah fi mahd al iman al islamiy al 'asriy Ngadirojo Wonogiri Ja)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (575kB)

Abstract

Achmad Muhaemin Irfandi. Penggunaan Kamus Bahasa Arab dan Manfaatnya Dalam Struktur Bahasa Pada Pembelajaran Bahasa Arab Secara Praktek Di Pondok Pesantren Modern Al-Iman Ngadirojo Wonogiri Jawa Tengah. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kamus bahasa Arab dikalangan para santri Pondok Pesantren Modern Al-Iman Ngadirojo Wonogiri , kemampuan santri dalam menggunakan kamus dalam struktur bahasa, dan manfaat penggunaan kamus dalam struktus bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab secara praktis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, karena penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument Observasi, interview, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif-analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) a. Secara praktis, penggunaan kamus bahasa Arab dikalangan para santri dalam pembelajaran bahasa Arab lebih banyak digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab diluar kelas dari pada saat pembelajaran bahasa Arab di dalam kelas. Penggunaan kamus bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab di dalam kelas hanya dilakukan dalam pelajaran tertentu saja, seperti : pelajaran insya’ al-‘Arabi dan tamrinat; b. Tingkat kemampuan para santri dalam menggunakan kamus bahasa Arab khususnya dalam pencarian makna kata pada struktur kalimat berbeda-beda. Para santri secara keseluruhan mampu dalam pencarian kosakata Indonesia, sedangkan pencarian kosakata Arab sebagian dari para santri ada yang mampu dan kurang mampu, hal ini berdasarkan pada tingkat kemampuan para santri dalam menetukan asal kata dalam suatu struktur kalimat. (2) Manfaat penggunaan kamus bahasa Arab dalam struktur kalimat dalam pembelajaran bahasa Arab baik secara langsung maupun tidak langsung adalah : a. Menambah pengetahuan para santri tentang makna kata dalam teks berbahasa Arab; b. Menambah pengetahuan santri tentang kosakata baru dalam bentuk yang baru pula; c. Menambah pengetahuan para santri tentang asal kata dan imbuhannya; d. Menambah pengetahuan para santri tentang perubahan suatu kata; e. Menambah pengetahuan para santri tentang kedudukan suatu kata dalam kalimat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: NURHADI, S.Ag., MA
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2014 08:46
Last Modified: 18 Apr 2017 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum