PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX (INDEKS ISR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan- Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES) periode 2010-2011)

TESDHA RAHAYU, NIM. 08390156 (2013) PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX (INDEKS ISR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan- Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES) periode 2010-2011). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX (INDEKS ISR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan- Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES) periode 2010-2011))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX (INDEKS ISR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan- Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES) periode 2010-2011))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

CSR merupakan suatu komitmen berkelanjutan oleh dunia usaha untuk bertindak etis dan memberikan kontribusi kepada pengembangan ekonomi yang berwawasan triple bottom lines yakni tanggung jawab korporasi terhadap nilai perusahaan (corporate value), keadaan keuangan (financial) juga terhadap sosial dan lingkungan hidup (social and nature). ISR (islamic social reporting) merupakan bagian dari CSR yang digunakan sebagai sebagai tolok ukur pelaksanakaan kinerja perusahaan yang berisi kompilasi item-item standar CSR yang ditetapkan oleh AAOIFI (Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institutions) sebagai standar pengungkapan yang berpijak pada nilainilai ke-Islaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting Index (Indeks ISR) terhadap Nilai Perusahaan (corporate value) dengan pendekatan (approaching) menggunakan teori stakeholder, teori agensi dan teori legitimasi. Obyek penelitian ini berupa perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES) periode 2010-2011, karena secara teoritis ketika perusahaan tersebut terdaftar di DES tentunya telah memenuhi aturan-aturan syariah, terlepas item tersebut diungkapkan secara detail maupun tidak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode skoring yang kemudian dipadukan dengan metode analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh variabel ISR sebagai variabel independen (variabel bebas) dan nilai perusahaan yang diukur dengan Tobins Q sebagai variabel dependennya (variabel terikat). Variabel independen terdistorsi menjadi 6 variabel yang akan diteliti yakni pengungkapan kategori investasi dan keuangan (finance and investment theme), pengungkapan kategori tata kelola organisasi (corporate governance theme), pengungkapan kategori produk dan jasa (products and service theme), pengungkapan kategori tenaga kerja (employees theme), pengungkapan kategori sosial (society theme) dan pengungkapan kategori lingkungan (environment theme). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan (simultan), variabel ISR berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang ditunjukkan dengan signifikansi F sebesar 0,000. Berdasarkan dari nilai R2, secara keseluruhan variabel ISR mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan sebesar 81,7%. Sedangkan pengaruh parsialnya menjelaskan bahwa bahwa variabel tata kelola organisasi (corporate governance theme) tidak berpengaruh signifikan dengan signifikansi uji-t sebesar 0,288, sementara variabel yang lain meliputi investasi dan keuangan (finance and investment theme), tata kelola organisasi (corporate governance theme), produk dan jasa (products and service theme), tenaga kerja (employees theme), sosial (society theme) dan lingkungan (environment theme) berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai sigfikansi dibawah � sebesar 0,05. Kata Kunci: ISR, Tobins Q

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Dr. H. SYAFIQ M. HANAFI, M.Ag. 2. M. GHAFUR WIBOWO, SE., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: ISR, Tobins Q
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Jun 2014 08:00
Last Modified: 26 Sep 2016 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12710

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum