UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII A DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI MTS WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBUMEN

AFIDATUN, NIM. 10411006 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII A DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI MTS WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII A DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI MTS WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBUMEN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII A DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI MTS WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBUMEN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

AFIDATUN. Upaya Meningkatkan Karakter Belajar Fiqih Siswa Kelas VII A dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray di MTs Wathoniyah Islamiyah Kebumen. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian adalah bahwa pembelajaran kooperatif membuka peluang bagi upaya mencapai peningkatan ketrampilan sosial peserta didik dan meningkatkan karakter belajar fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menerapkan Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan karakter belajar siswa di kelas VII A MTs Wathoniyah Islamiyah Kebumen dalam pembelajaran Fiqih. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A MTs Wathoniyah Islamiyah Kebumen yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan siswa dengan menggunakan strategi two stay two stray adalah. 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru, 2) Membiasakan belajar, 3) Bertanya kepada guru atau teman jika mengalami kesulitan materi, 4) Menjawab pertanyaan, 5) Melatih rasa tanggungjawab, 6) Bekerjasama didalam kelompok. Karakter siswa juga meningkat dari hasil rata-rata perhitungan angket yaitu siklus 1 sebesar 67.06% dan siklus II meningkat menjadi 81.75% Dengan demikian karakter siswa mengalami peningkatan sebesar 14.69% Hal tersebut menunjukan bahwa penerapan strategi two stay two stray dalam pembelajaran fiqih kelas VII A MTs Wathoniyah Islamiyah Kebumen mengalami peningkatan yaitu dari kategori tinggi menjadi sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kooperatif Two Stay Two Stray, Karakter Belajar Siswa, Pembelajaran Fiqih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Jun 2014 10:24
Last Modified: 02 Aug 2017 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12714

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum