KONSEP DAN METODE PSIKOTERAPI PROFETIK (STUDI PEMIKIRAN HAMDANI BAKRAN ADZ-DZAKIEY DALAM BUKU KONSELING DAN PSIKOTERAPI ISLAM)

UMI SALAMAH ANSARI , NIM. 10220048 (2014) KONSEP DAN METODE PSIKOTERAPI PROFETIK (STUDI PEMIKIRAN HAMDANI BAKRAN ADZ-DZAKIEY DALAM BUKU KONSELING DAN PSIKOTERAPI ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP DAN METODE PSIKOTERAPI PROFETIK (STUDI PEMIKIRAN HAMDANI BAKRAN ADZ-DZAKIEY DALAM BUKU KONSELING DAN PSIKOTERAPI ISLAM))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP DAN METODE PSIKOTERAPI PROFETIK (STUDI PEMIKIRAN HAMDANI BAKRAN ADZ-DZAKIEY DALAM BUKU KONSELING DAN PSIKOTERAPI ISLAM))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

Perubahan-perubahan sosial yang begitu cepat merupakan konsekuensi modernisasi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang berdampak pada kehidupan masyarakat. Ketegangan dan stres kerap kali dialami karena ketidakmampuan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Kemudian, lahir beragam konsep dan metode psikoterapi, tetapi tidak satupun terbukti mencapai hasil yang diharapkan dalam mencegah dan mengobati gangguan kejiwaan tersebut. Kemudian barulah tampak beberapa kecenderungan di kalangan sejumlah psikolog yang menyeru pentingnya sebuah agama dalam mencegah dan mengobati gangguan jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dan metode psikoterapi profetik menurut Hamdani Bakran Adz-Dzakiey. Sifat penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data penelitian ini adalah Buku Konseling dan Psikoterapi Islam karya Hamdani Bakran Adz-Dzakiey. Analisa menggunakan metode analisis isi (content analysis) induksi dan deduksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep psikoterapi profetik yang diberikan oleh Hamdani bersumber pada Al-qurán, As-sunnah, pengalaman (empirik) dan science (ilmu pengetahuan). Sedangkan metode psikoterapi profetik dibaginya menjadi dua yaitu metode ilmiah dan metode profetik, untuk penerapan psikoterapinya Hamdani menggunakan metode tasawwuf yang terdiri dari takhalli berupa pengosongan diri dari akhlak yang buruk, tahalli berupa pengisian diri dengan akhlak terpuji dan tajalli merupakan proses tingkatan penyempurnaan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Moch Nur Ichwan, MA
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Konsep, Metode, Psikoterapi Profetik.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Jun 2014 11:11
Last Modified: 29 Oct 2015 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12715

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum