UJI KEMAMPUAN DEGRADASI FENOL DAN SIFAT BIOKIMIA ISOLAT BAKTERI AD 135 HASIL ISOLASI DARI LIMBAH CAIR RUMAH SAKIT

NUR MUKAROMAH , NIM. 09630009 (2014) UJI KEMAMPUAN DEGRADASI FENOL DAN SIFAT BIOKIMIA ISOLAT BAKTERI AD 135 HASIL ISOLASI DARI LIMBAH CAIR RUMAH SAKIT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UJI KEMAMPUAN DEGRADASI FENOL DAN SIFAT BIOKIMIA ISOLAT BAKTERI AD 135 HASIL ISOLASI DARI LIMBAH CAIR RUMAH SAKIT )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UJI KEMAMPUAN DEGRADASI FENOL DAN SIFAT BIOKIMIA ISOLAT BAKTERI AD 135 HASIL ISOLASI DARI LIMBAH CAIR RUMAH SAKIT )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Limbah cair rumah sakit merupakan salah satu limbah yang berbahaya bagi lingkungan karena mengandung senyawa fenol. Fenol bersifat toksik dan dapat mengganggu kesehatan manusia, namun keberadaan senyawa fenol di dalam limbah dapat dimanfaatkan oleh bakteri sebagai sumber karbon dan energi melalui proses degradasi. Isolat bakteri AD 135 merupakan salah satu bakteri yang memiliki kemampuan mendegradasi fenol. Akan tetapi, potensi tersebut belum dikaji lebih lanjut dengan mengoptimalkan kondisi lingkungan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kondisi lingkungan seperti suhu dan pH serta mengetahui sifat biokimianya supaya isolat bakteri AD 135 mampu optimal dalam mendegradasi fenol. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu uji kemampuan degradasi fenol dengan variasi suhu dan pH, analisis konsentrasi fenol selama proses degradasi menggunakan spektrofotometer UV-Vis dan uji biokimiawi meliputi uji pembentukan H2S, hemolisis darah, malonat, hidrolisis pati, protein, lemak, asam nukleat, fermentasi karbohidrat manitol, dekarboksilasi lisin dan deaminasi fenilalanin. Uji kemampuan degradasi fenol memberikan hasil bahwa isolat bakteri AD 135 memiliki kemampuan tertinggi dalam mendegradasi fenol pada suhu 40˚C dan pH 8. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis konsentrasi fenol yang menunjukkan bahwa dengan konsentrasi awal fenol sebesar 30 ppm, isolat bakteri AD 135 mampu menurunkan konsentrasi fenol hingga 67,63% pada suhu 40˚C dalam waktu inkubasi ke-96 jam dan mampu menurunkan hingga 43,417% pada pH 8 dalam waktu inkubasi ke-72 jam. Uji biokimia menunjukkan bahwa isolat bakteri AD 135 mampu menghemolisis darah dan mendekarboksilasi lisin. Namun, tidak mampu untuk membentuk H2S, menfermentasi manitol, malonat, deaminasi fenilalanin, menghidrolisis protein, pati, lemak dan asam nukleat. Karakter biokimia yang diperoleh selanjutnya digunakan untuk identifikasi berdasarkan Bergeys’ Manual of Determinative Bacteriology. Hasil identifikasi yang diperoleh menunjukkan bahwa isolat bakteri AD 135 memiliki karakter yang mengarah ke anggota genus Staphylococcus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Arifah Khusnuryani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Limbah cair rumah sakit, fenol, degradasi fenol, uji biokimia
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jun 2014 11:42
Last Modified: 17 Feb 2016 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum