IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TERHADAP SISWA TUNANETRA MTS YAKETUNIS (YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM) YOGYAKARTA

MUHAMMAD AKHIR RIYANTO, NIM. 10220028 (2014) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TERHADAP SISWA TUNANETRA MTS YAKETUNIS (YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TERHADAP SISWA TUNANETRA MTS YAKETUNIS (YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM) YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TERHADAP SISWA TUNANETRA MTS YAKETUNIS (YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM) YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Bimbingan Pribadi Sosial merupakan salahsatu bagian layanan terpenting dalam Bimbingan dan Konseling sebagai upaya yang dilakukan untuk membantu individu dalam menemukan dan mengembangkan dirinya secara optimal dan mandiri sesuai dengan kewajibannya sebagai Makhluk Tuhan untuk senantiasa mengabdi Kepada-Nya, serta membantu individu untuk mengenali lingkungan sosialnya. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan pribadi-sosial terhadap tunanetra MTs Yaketunis Yogyakarta, hal ini juga menyangkut dengan Metode dan Media yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah Metode Kualitatif deskriptif dengan kegiatan penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian langkah-langkah untuk analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan layanan bimbingan pribadisosial terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tindak lanjut. Bentuk pelaksanaan layanan bimbingan pribadi-sosial di MTs Yaketunis meliputi bimbingan klasikal yang rutin disetiap minggunya, bimbingan kelompok, konseling kelompok dan konseling individu. Sedangkan metode yang digunakan oleh guru BK dalam memberikan layanan pribadi-sosial adalah dengan menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab dan metode diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Key word : Bimbingan Pribadi-sosial, Tunanetra
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jun 2014 15:30
Last Modified: 20 Oct 2015 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12725

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum