FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2009-2011

QORY IZATUL MUNA, NIM. 09390012 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2009-2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2009-2011)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2009-2011)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini tingkat kemampuan sebuah perusahaan menjadi sangat penting karena menjadi patokan dalam perubahan/pergeseran kedudukan posisi mereka di lingkungan bisnis khususnya dalam pasar modal syari’ah. Kelangsungan hidup suatu perusahaan dapat tercapai apabila pihak manajemen dapat meningkatkan dan mempertahankan kinerja keuangannya sehingga kondisi keuangan perusahaan terjaga. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kesehatan keuangan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya rasio keuangan dan economic value added (EVA). Penggunaan analisis rasio dan EVA dapat menunjukkan/memberi gambaran tentang baik atau buruknya dan sehat atau tidak sehatya posisi keuangan perusahaan yang berakibat pada kegagalan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kejelasan tentang besarnya pengaruh rasio current ratio (CR), debt to asset ratio (DAR), debt to equity ratio (DER), return on equity (ROE), return on investment (ROI), gross profit margin (GPM), net profit margin (NPM), inventory turnover (ITO), total asset turnover (TATO), dan economic value added (EVA) terhadap kesehatan keuangan perusahaan periode 2009-2011. Penelitian ini termasuk kategori penelitian terapan atau sering disebut applied research. Populasi dan sampel dipilih dengan cara purposive sampling dengan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Daftar Efek syari’ah periode pengamatan 2009-2011. Adapun variabel dependen yang digunakan dalam penelitian adalah kesehatan keuangan perusahaan yang dihitung dengan rumus z-score. Sedangkan variabel independen adalah CR, DAR, DER, ROE, ROI, GPM, NPM, ITO, TATO, dan EVA. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan tahun 2009-2011 yang didapat dari ICMD dan IDX. Untuk menjelaskan variabel tersebut dipilih uji diskriminan dalam mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, rasio DAR, DER, ROI, GPM, NPM dan TATO berpengaruh signifikan terhadap kesehatan keuangan perusahaan manufaktur di Daftar Efek Syari’ah. Sedangkan variabel CR, ROE, ITO, dan EVA tidak berpengaruh signifikan terhadap kesehatan keuangan perusahaan. Kata Kunci: Kesehatan Keuangan Perusahaan, Rasio Keuangan, Economic Value Added (EVA), Uji Diskriminan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. SUNARSIH, SE., M.Si 2. Drs. SLAMET KHILMI, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Keuangan Perusahaan, Rasio Keuangan, Economic Value Added (EVA), Uji Diskriminan.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Jun 2014 07:50
Last Modified: 26 Sep 2016 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12729

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum