DAMPAK SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU DI KKM SUB RAYON BASIN

SITI KAROMAH , NIM. 1220411194 (2014) DAMPAK SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU DI KKM SUB RAYON BASIN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU DI KKM SUB RAYON BASIN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU DI KKM SUB RAYON BASIN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendapatkan gambaran mengenai dampak proses supervisi guru yang dilakukan kepala madrasah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah KKM Sub Rayon Basin Klaten (2) Mengetahui dampak kompetensi pedadagogik guru dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah KKM Sub Rayon Basin. (3) Kendala kendala dan pendukung kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Batur Tegalrejo Ceper Klaten Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah KKM Sub Rayo Basin Klaten pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Data diperoleh dengan menggunakan pengamatan, wawancara, pembuatan catatan lapangan dan penggunaan dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah analisi kualitatif Diskriptif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kompenen analisis data interaktif ini merupakan upaya berlanjut, berulang dan terus menrus. Masalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan merupakan rangkaian kegiatan analisis yang saling menyusul. Hasil penelitian di MI KKM Sub Rayon Basin ini adalah penelitian yang didasarkan pada tiga unsur yaitu Supervisi kepala madrasah, kompetensi pedagogik guru dan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi kepala madrasah memiliki dampak terhadap peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tugas pokok sebagai pengelola pembelajaran, mulai dari adimistrasi pengajaran, persiapan mengajar, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada evaluasi pengajaran. Dengan demikian, disarankan kepada kepala madrasah untuk mengadakan supervisi secara terprogram dan kontinyu, juga kepada guru hendaknya menyadari akan tugas dan tanggung jawab sebagai guru, berusaha untuk selalu meningkatkan kemampuanya agar menjadi guru yang profesional. Pengembangan media pembelajaran harus mengacu pada kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran yang harus mudah diterima oleh peserta didik. Pengembangan metode harus mengacu pada tujuan yang ingin dicapai, karakteristik bahan yang akan diajarkan, tingkat pengetahuan dan kemampuan siswa, situasi kelas dan ruangan belajar harus nyaman, disamping itu sebelum mengajar hendaklah metode itu dipersiapkan terlebih dahulu. Pengembangan evaluasi pembelajaran aspek yang dinilai meliputi kognitif, afektif, psikomotorik. Tes yang dilaksanakan guru harus valid dan realibilitas, bail itu tes lesan, maupun tertulis baik uraian dan obyektif tes harus terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Hamdan Daulay, M.Si. M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Supervisi, Kompetensi Pedagogik Guru, Kinerja guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jun 2014 14:30
Last Modified: 29 Apr 2015 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12738

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum