PENYELENGGARAAN PERPARKIRAN DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 18 TAHUN 2009 TENTANG PENYELENGGARAAN PERPARKIRAN)

M NI’AM AL-FAIZ, NIM. 09340065 (2013) PENYELENGGARAAN PERPARKIRAN DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 18 TAHUN 2009 TENTANG PENYELENGGARAAN PERPARKIRAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENYELENGGARAAN PERPARKIRAN DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 18 TAHUN 2009 TENTANG PENYELENGGARAAN PERPARKIRAN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENYELENGGARAAN PERPARKIRAN DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 18 TAHUN 2009 TENTANG PENYELENGGARAAN PERPARKIRAN))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (802kB)

Abstract

Melihat fenomena perparkiran di tepi jalan umum yang terjadi di Kota Yogyakarta yang sering menjadikan kemacetan di setiap jalan raya Kota Yogyakarta sehingga banyak masyarakat ataupun wisatawan yang mengeluheluhkan kota yang dulunya nyaman sekarang berubah menjadi kota yang macet dan tidak ramah lingkungan seperti yang ditulis di plang-plang jalan raya. Salah satunya perparkiran di Kota Yogyakarta di Tepi Jalan Umum di Jalan Prof. Dr. IR. Herman Yohanes. Penelitian ini menarik untuk diteliti, melihat perparkiran di Kota Yogyakarta yang carut-marut di daerah kota, kemudian adanya rumor (isuisu) di koran mengenai rencana akan diberlakukannya jalan satu arah di jalan Prof. Dr. IR. Herman Yohanes tersebut yang masih menjadi pertimbangan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Berdasarkan pada uraian di atas, maka permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 18 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Perparkiran, dan faktor apa saja yang menyebabkan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 18 Tahun 2009 belum berjalan dengan maksimal. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian lapangan (Field research) yang dilaksanakan di jalan Prof. Dr. IR. Herman Yohanes kawasan I/Daerah II kota Yogyakarta. Sifat penelitian ini adalah Deskriptif Analisis dan pendekatan sosiologis yang bertujuan menggambarkan dan menjelaskan secara eksplisit mengenai penyelenggaraan perparkiran kota Yogyakarta di tepi jalan umum. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang bersangkutan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan (Field research), dapat dikemukakan bahwa penyelenggaraan perparkiran di kota Yogyakarta belum sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Perparkiran. Untuk meningkatkan ketertiban pelakasanaan perparkiran, maka Pemerintah Daerah perlu meningkatkan publikasi supaya masyarakat kota Yogyakarta bisa mengetahui tentang adanya peraturan daerah yang telah diundangkan. Pemerintah juga perlu memperhatikan sistem pelayanan, pengawasan dan pengendalian perparkiran di tepi jalan umum seperti Jalan Prof.Dr.IR.Herman Yohanes agar terciptanya perparkiran yang rapi dan tertib. Kata kunci: Parkir, retribusi, keuangan daerah dan keuangan negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DOSEN PEMBIMBING : 1. NURAINUN MANGUNSONG, S.H., M.Hum. 2. ISWANTORO, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Parkir, retribusi, keuangan daerah dan keuangan negara.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Jun 2014 08:03
Last Modified: 08 Aug 2016 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12744

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum