PESAN DAN ILUSTRASI SOSIAL DALAM TAFSIR JUZ ‘AMMA FOR KIDS (KAJIAN RESEPSI ATAS TAFSIR DAN ILUSTRASI)

NAFISATUZ ZAHRO’ , NIM. 10532016 (2014) PESAN DAN ILUSTRASI SOSIAL DALAM TAFSIR JUZ ‘AMMA FOR KIDS (KAJIAN RESEPSI ATAS TAFSIR DAN ILUSTRASI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PESAN DAN ILUSTRASI SOSIAL DALAM TAFSIR JUZ ‘AMMA FOR KIDS (KAJIAN RESEPSI ATAS TAFSIR DAN ILUSTRASI) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PESAN DAN ILUSTRASI SOSIAL DALAM TAFSIR JUZ ‘AMMA FOR KIDS (KAJIAN RESEPSI ATAS TAFSIR DAN ILUSTRASI) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’an sebagai hudan li al-nās dan rahmatan li al-‘ālamīn, tidak dapat dipahami maknanya tanpa adanya penafsiran sehingga gerakan penafsiran oleh para mufasir tidak pernah berhenti. Al-Qur’an dan tafsir sebagai penjelasnya, hidup dalam dimensi zaman yang selalu berubah sehingga menuntut para mufasir melakukan satu inovasi agar al-Qur’an senantiasa mudah diterima dalam kehidupan dan terbukti eksistensinya yang shalih li kulli zaman wa makan. Untuk memenuhi tuntutan zaman ini tidak hanya mepertimbangkan perubahan karakter sosial dari segi ruang dan waktunya, tetapi juga subjeknya yaitu konsumen yang terdiri dari berbagai taraf kemampuan dan usia. Sayangnya, hampir semua tafsir yang telah ada merupakan produk yang dihadirkan sebagai konsumsi orang dewasa, sedangkan kenyataannya saat ini modernisasi menuntut setiap elemen kehidupan untuk memulai segala hal sejak usia dini demi kematangan dan suksesnya masa depan. Untuk itu, para mufasir dituntut untuk mengemas tafsir ke dalam kemasan yang dapat dikonsumsi oleh kalangan anak-anak. Satu karya dari beberapa karya yang dilahirkan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak ini adalah Tafsir Juz ‘Amma for Kids. Hal baru yang paling tampak dari karya ini adalah ilustrasi. Karya ini merupakan model penafsiran baru yang sangat komperhensif dan efektif sehingga selain layak karya ini juga perlu dan penting untuk dikaji serta dieksplorasi, mengingat masih sedikitnya karya serupa. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan analisis resepsi. Dalam penelitian ini resepsi digunakan oleh penulis sebagai alat untuk menelusuri lebih jauh dua komponen yang membangun Tafsir Juz ‘Amma for Kids, yaitu teks tafsir dan ilustrasi. Metode resepsi ini digunakan untuk menemukan reaksi pendengar dan pembaca al-Qur’an dalam bentuk penjelasan makna. Dengan berusaha menangkap horizon harapan serta motif yang dimiliki oleh mufassir dan ilustrator, dengan analisis ini penulis ingin menunjukkan wujud konkretisasi yang dilakukan keduanya dari penerimaan serta motif yang terbangun. Lebih dari sekadar untuk mengetahui reaksi dan konkretisasi mufasir dan ilustrator, analisis ini juga untuk mengetahui peran dunia seni rupa dalam dunia tafsir. Dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa Tafsir Juz ‘Amma for Kids menjadi warna baru dalam dunia tafsir karena dikemas dengan menyesuaikan dimensi anak. Resepsi yang dilakukan mufasir berhasil dikonkretisasikan ke dalam teks tafsir dengan bahasa sederhana, sedangkan resepsi yang dilakukan oleh ilustrator berhasil dikonkretisasikan ke dalam bahasa visual, yaitu ilustrasi. Resepsi yang dilakukan keduanya merupakan resepsi bertingkat yang pada akhirnya mengantarkan pada terbangunnya suatu relasi fungsional antar keduanya. Keberadaan tafsir dan ilustrasi yang bekerja sama ini merupakan sebuah bentuk dari integrasi-interkoneksi.Terdapat dua fungsi ilustrasi bagi teks tafsir, yaitu sebagai penjelas dan sebagai ornamen. Ilustrasi yang secara fungsional semula menjadi sebuah media pembantu, pada akhirnya bersamaan dengan teks tafsir dalam satu kesatuan menjadi sebuah tafsir, yaitu “Tafsir Visual”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Adib Sofia, S.S., M.Hum
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jun 2014 14:39
Last Modified: 13 May 2015 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12766

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum