KESATUAN TEMATIK DALAM SURAH-SURAH AL-QUR’AN (ANALISIS ATAS PEMIKIRAN AMIN AHSAN ISLAHI DALAM KITAB TADABBUR-I-QUR’AN)

TRISNA HAFIFUDIN , NIM. 09532046 (2013) KESATUAN TEMATIK DALAM SURAH-SURAH AL-QUR’AN (ANALISIS ATAS PEMIKIRAN AMIN AHSAN ISLAHI DALAM KITAB TADABBUR-I-QUR’AN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TRISNA HAFIFUDIN NIM. 09532046 KESATUAN TEMATIK DALAM SURAH-SURAH AL-QUR’AN (ANALISIS ATAS PEMIKIRAN AMIN AHSAN ISLAHI DALAM KITAB TADABBUR-I-QUR’AN) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TRISNA HAFIFUDIN NIM. 09532046 KESATUAN TEMATIK DALAM SURAH-SURAH AL-QUR’AN (ANALISIS ATAS PEMIKIRAN AMIN AHSAN ISLAHI DALAM KITAB TADABBUR-I-QUR’AN) )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kritik sebagian orientalis terhadap al-Qur’an, di antaranya tertuju kepada sistematika susunan ayat-ayat dan surah-surah al-Qur’an. Mereka menganggap bahwa al-Qur’an merupakan sebuah kitab yang uraian dalam setiap surahnya kacau, sering terjadi pengulangan, bahkan terdapat kontradiksi di dalamnya. Para ulama ahli tafsir kontemporer kemudian berusaha meyakinkan mereka bahwa al-Qur’an merupakan kitab yang bagian-bagiannya saling terkait dan melengkapi satu sama lain. Hal ini mereka buktikan dengan merumuskan suatu prinsip tentang kesatuan tematik al-Qur’an. Salah satunya adalah kesatuan tematik dalam surah-surah al-Qur’an. Amīn Aḥsan Iṣlāḥī merupakan ulama Pakistan era kontemporer yang memiliki perhatian cukup besar terhadap kesatuan tematik dalam surah-surah al-Qur’an. Dalam kitab tafsirnya, Tadabbur-i-Qur’ān, Iṣlāḥi mampu menunjukkan keterkaitan antarbagian al-Qur’an, baik itu antarberbagai persoalan—yang terkandung dalam ayat-ayat—dalam suatu surah, maupun antara satu surah dengan surah lainnya yang tersusun di dalam al-Qur’an, dengan konsep ‘amūd sebagai karakteristik dari penafsirannya. Lantas, apa yang membedakan pemikiran dan langkah Iṣlāḥī dengan para ulama lainnya dalam membuktikan kesatuan tematik dalam surah-surah al-Qur’an, serta apa yang dimaksud dengan konsep ‘amūd dan bagaimana menentukannya, dirasa perlu untuk diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research). Data primer yang dijadikan rujukan adalah kitab tafsir Iṣlāḥī yang berjudul Tadabbur-i-Qur’ān. Sedangkan data sekundernya meliputi beberapa kajian yang membahas tentang pemikiran Iṣlāḥī dan kajian tentang kesatuan al-Qur’an. Dalam mengolah data yang telah diperoleh, penulis menggunakan langkah deskriptif dan analitis-komparatif. Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa guna membuktikan kesatuan tematik dalam surah-surah al-Qur’an ini, Iṣlāḥī menawarkan konsep ‘amūd, pasangan surah, dan klasifikasi surah-surah di dalam al-Qur’an. Dalam konsep amūd, Iṣlāḥī memandang bahwa setiap surah itu memiliki tema pokok yang menyatukan antarbagian ayatnya. Melalui konsep pasangan surah, Iṣlāḥī meyakini bahwa setiap surah itu memiliki pasangan atau kembaran yang berada persis di sampingnya. Iṣlāḥī juga mengklasifikasi surah-surah di dalam al-Qur’an menjadi tujuh kelompok yang didasarkan atas susunan surah-surah Makkiyah dan Madaniyah. Setiap kelompoknya memiliki ‘amūd sebagaimana dalam setiap surah. Iṣlāḥī menguatkan sekaligus melandaskan hipotesisnya terkait pasangan surah dan klasifikasi surah-surah ke dalam tujuh kelompok ini dengan sebuah dalil, yakni surah al-Ḥijr [15] ayat 87 yang ditafsirkan dan sesungguhnya kami telah berikan kepadamu tujuh kelompok surah-surah yang terbentuk saling berpasangan, yakni al-Qur’an yang agung. Kata kunci: kesatuan tematik al-Qur’an, ‘amūd, pasangan surah, klasifikasi surah-surah, Makkiyah-Madaniyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. M. Yusron, M.A.,
Uncontrolled Keywords: kesatuan tematik al-Qur’an, ‘amūd, pasangan surah, klasifikasi surah-surah, Makkiyah-Madaniyah.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Jun 2014 09:03
Last Modified: 06 May 2015 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum