ANALISIS BUKU TEKS “BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS V” KARYA AHMAD SYAEKHUDDIN DKK (PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK)

WILDAN BAKHTIAR , NIM. 10420047 (2014) ANALISIS BUKU TEKS “BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS V” KARYA AHMAD SYAEKHUDDIN DKK (PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( ANALISIS BUKU TEKS “BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS V” KARYA AHMAD SYAEKHUDDIN DKK (PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( ANALISIS BUKU TEKS “BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS V” KARYA AHMAD SYAEKHUDDIN DKK (PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari kegelisahan peneliti terhadap kasus yang telah beredar pada bulan juli 2013 silam, banyak buku pelajaran sekolah dasar yang di dalamnya tersaji berbagai bentuk gambar ilustrasi yang berbau pornografi, keadaan demikian tentunya sangat bertentangan dengan masa perkembangan anak usia sekolah dasar yang seharusnya belum saatnya mereka mendapatkan penyajian berupa gambar ilustrasi sedemikian rupa. Buku “Belajar Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Karya Ahmad Syaekhuddin dkk merupakan buku yang dipakai sebagai buku pegangan siswa sekolah dasar, oleh karena itu peneliti tertarik menganalisis kesesuiaan buku mulai dari penyajian materi, bahasa, dan kegiatan evaluasi terhadap perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Kesesuaian penyajian materi dengan perkembangan kognitif anak. 2). Kesesuaian bahasa dengan perkembangan kognitif anak. 3). Kesesuaian kegiatan evaluasi dengan perkembangan kognitif anak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi pada sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan tahap analisis dilakukan sebagai berikut: 1). Mengkategorikan data berdasarkan rumusan masalah. 2). Mengklasifikasikan data berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sesuai dengan rumusan masalah. 3). Menarik kesimpulan menggunakan teknik content analysis yang diperkuat dengan membandingkan data dari sumber data primer dan sumber data sekunder (Teknik Matrik Perbandingan). Kriteria kesesuaian buku berdasarkan pada teori perkembangan kognitif yang diungkapkan oleh psikolog asal Swiss yaitu Jean Piaget, mengenai perkembangan kognitif yang meliputi ide-ide dasar perkembangan kognitif anak, karakteristik perkembangan kognif pada tahap operasional konkrit (anak usia 7-11 Tahun) dan karakteristik anak usia sekolah dasar pada setiap tahap perkembangan kognitifnya. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Penyajian materi dalam buku sesuai dengan teori perkembangan kogntif anak. 2). Penggunaan bahasa dalam buku sesuai dengan teori perkembangan kognitif anak. 3). Kegiatan latihan dalam buku sesuia dengan teori perkembangan kognitif anak. Ketiga aspek tersebut menggambarkan bawa buku “Belajar Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Karya Ahmad Syaekhuddin dkk sesuai dengan psikologi perkembangan kognitif anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis Buku, Kelas V, Perkembangan kognitif anak.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Jun 2014 14:59
Last Modified: 26 Jul 2017 12:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12800

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum