UPAYA PEMENUHAN HAK-HAK TERSANGKA ANAK DALAM PROSES PENYIDIKAN (STUDI KASUS DI POLSEK PIYUNGAN YOGYAKARTA TAHUN 2012)

JIYANTO PUTRO NUGROHO, NIM: 09340112 (2013) UPAYA PEMENUHAN HAK-HAK TERSANGKA ANAK DALAM PROSES PENYIDIKAN (STUDI KASUS DI POLSEK PIYUNGAN YOGYAKARTA TAHUN 2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMENUHAN HAK-HAK TERSANGKA ANAK DALAM PROSES PENYIDIKAN (STUDI KASUS DI POLSEK PIYUNGAN YOGYAKARTA TAHUN 2012))
BAB I, V, DAFTAR PUSKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMENUHAN HAK-HAK TERSANGKA ANAK DALAM PROSES PENYIDIKAN (STUDI KASUS DI POLSEK PIYUNGAN YOGYAKARTA TAHUN 2012))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Bahwa adanya tindak pidana yang dilakukan oleh anak di bawah umur di wilayah hukum Polsek Piyungan. Setelah penulis melakukan observasi secara langsung di wilayah tersebut diketemukan adanya tindak pidana yang dilakukan oleh anak di bawah umur khususnya yang dilakukan pada tahun 2012. Setelah melakukan penelitian di lapangan bahwa adanya beberapa kenakalan yang dilakukan oleh anak di bawah umur, namun yang sampai dilakukan penyidikan secara khusus oleh petugas di Polsek Piyungan khususnya pada tahun 2012 ada dua kasus. Kasus pertama yang dialami oleh Sdra.Prismara Xidam Trijaya dengan kasus perampasan, lalu kasus yang kedua yang dialami oleh Sdra.Muhammad Aziz Syarifudin dengan kasusnya membawa perempuan pergi tanpa ijin orang tua/wali dan bersetubuh dengan wanita di bawah umur. Dari kedua kasus tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang bagaimana seorang penyidik melakukan penyidikan oleh tersangka anak tersebut, apakah dalam penyidikan yang dilakukan petugas di Polsek Piyungan sudah sesuai dengan Undang-undang yang berlaku bagi anak atau malah menyimpang dari apa yang seharusnya penyidik laksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pemberian hak pada tersangka anak yang melakukan tindakan pidana pada saat petugas melakukan penyidikan, sedangkan kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang tepat dan dapat memberikan atau menambah wawasan dan prasarana bagi penyidik dalam rangka perlindungan anak khususnya yang ada di Polsek Piyungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah termasuk penelitian lapangan (Field Research)yakni dari bahan sumber hukum primer sebagai sumber hukum utama yang di dapat dari lapangan selanjutnya ditambah dengan sumber hukum sekunder sebagai acuan dari Undang-undang. Penelitian yang digunakan berupa penelitian deskriptif-analistik yaitu metode analisa data dengan cara memaparkan semua data yang kemudian dianalisis dan akhirnya dibentuk suatu kesimpulan. Dalam pemberian Hak-hak kepada tersangka anak yang diberikan di Kepolisian Polsek Piyungan sebagian sudah memenuhi unsur-unsur dalam penyidikan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 tentang Peradilan Anak. Selain itu dalam tahap penyidikan, seorang penyidik belum memberikan hakhaknya secara mutlak kepada tersangka anak. Berdasarkan hasil wawancara dengan kedua tersangka diketemukan adanya tindak kekerasan yang dilakukan oleh penyidik berupa tendangan, caci maki, tamparan dan penelenjangan pada saat dilakukan interogasi dari penyidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DOSEN PEMBIMBING : 1. FAISAL LUQMAN, SH.,M.Hum. 2. MANSUR,S.Ag.,M.Ag
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jun 2014 07:49
Last Modified: 05 Aug 2016 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12803

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum