FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM IBNU KHALDUN DALAM KITAB MUQADDIMAH DAN RELEVANSINYA DENGAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

MOCH SOFYANI , NIM. 10220015 (2014) FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM IBNU KHALDUN DALAM KITAB MUQADDIMAH DAN RELEVANSINYA DENGAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM IBNU KHALDUN DALAM KITAB MUQADDIMAH DAN RELEVANSINYA DENGAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM IBNU KHALDUN DALAM KITAB MUQADDIMAH DAN RELEVANSINYA DENGAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM )
BAB II, III, IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Islam dan bimbingan dan konseling Islam pada perkembangannya memiliki kemunduran, karena adanya term-term dari Barat. Ibnu Khaldun merupakan seorang ilmuwan muslim yang diakui baik oleh ilmuwan Timur maupun Barat. Beliau dijuluki sebagai seorang ahli dalam bidang sosiologi, sejarah, politik, ekonomi, filosofis dan pendidikan. Ibnu Khaldun dalam dunia pendidikan dikenal sebagai orang yang sangat produktif dan telah mampu memadukan nilai-nilai ke-Islaman dengan nilai rasionalisme dan empirisme. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana filsafat pendidikan Islam Ibnu Khaldun dan relevansinya dengan bimbingan dan konseling Islam. Filsafat pendidikan Islam Ibnu Khaldun merujuk kepada pemahaman tentang potensi-potensi yang dibawa oleh manusia, sehingga manusia dapat menjalani kehidupan di dunia dengan baik setelah potensi tersebut dapat dioptimalkan dengan baik lewat pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat library research dalam arti penelitian menggunakan bahan-bahan yang tertulis dan dipublikasikan dalam bentuk buku. Semenetara metode yang digunakan dalam penelitian ini bertumpu kepada metode deskriftif, deduktif dan induktif yang dianalisis dengan menggunakan analisis isi (content analysis), sehingga penelitian ini, berusaha dengan bermain ide-ide dan mencoba mentransfer atau analog agar dapat memandang data dari segi yang baru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya relevansi filsafat pendidikan Islam Ibnu Khaldun dengan bimbingan dan konseling Islam. Di mana kegiatan bimbingan dan konseling Islam merupakan bagian dari proses pengajaran (ta’lim). Bimbingan dan konseling Islam membantu individu di dalam mengoptimalkan potensi yang dimilikinya khususnya yaitu akal. Potensi akal mengantarkan manusia menggapai puncak kemuliaan, karena potensi tersebut adalah potensi yang setinggi-tingginya yang dimiliki setiap manusia dan tidak dimiliki oleh makhluk selain manusia. Sehingga potensi ini, akan membawa manusia kepada kemuliaan dan ketinggian di atas makhluk-makhluk Allah yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdullah, MSi.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jun 2014 11:12
Last Modified: 19 Oct 2015 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum