PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

YUSMANIAR AFIFAH NOOR , NIM. 10600015 (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk memfasilitasi pemahaman konsep materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel yang layak digunakan dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) tersebut berdasarkan penilaian dosen, guru, dan siswa. Prosedur pengembangan yang digunakan mengikuti model pengembangan ADDIE yaitu tahap analisis (analysis), tahap perencanaan (desaign), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). LKS Matematika Berbasis Inkuiri Terbimbing dikembangkan dengan memuat enam prinsip pembelajaran berbasis Inkuiri terbimbing yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Produk ini telah beberapa kali melalui tahap revisi berdasarkan saran dan masukan dari dosen pembimbing, validator, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Kualitas LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing tergolong dalam kategori baik dengan persentase keidealan 78,48%. Respon siswa terhadap LKS ini tergolong dalam kategori respon positif dengan persentase keidealan respon 77,75%. Setelah menggunakan LKS Matematika Berbasis Inkuiri Terbimbing siswa diberikan soal evaluasi pemahaman konsep yang memuat tujuh indikator pemahaman konsep, hasilnya kemampuan pemahaman konsep siswa bisa terfasilitasi terbukti dengan persentase siswa yang tuntas sebanyak 75% dan rata-rata nilai evaluasi pemahaman konsep siswa 77,6.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Sintha Sih Dewanti, M. Pd.Si. 2. Suparni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jun 2014 11:24
Last Modified: 27 Jan 2016 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum