PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP N 5 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ANNA RIF’ATUL MAHMUDAH , NIM. 10410007 (2014) PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP N 5 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP N 5 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP N 5 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)

Abstract

Anna Rif’atul Mahmudah. Pelaksanaan Program Remedial dan Pengayaan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah mengingat kecepatan setiap peserta didik dalam pencapaian kompetensi tidak sama, maka dalam pembelajaran terjadi perbedaan kecepatan belajar antara peserta didik yang pandai, dengan yang kurang pandai. Sementara pembelajaran berbasis kompetensi mengharuskan pencapaian ketuntasan dalam pencapaian kompetensi untuk seluruh kompetensi dasar secara perorangan. Implikasi dari prinsip tersebut mengharuskan dilaksanakannya program remedial bagi siswa yang belum tuntas dan pengayaan bagi siswa yang sudah tuntas. Program remedial dan pengayaan ini nantinya sangatlah penting bagi guru untuk mengetahui perkembangan peserta didik serta peningkatan mutu pendidikan pada umumnya. Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait bagaimana pelaksanaan program remedial dan pengayaan dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 5 Yogyakarta, bagaimana kontribusinya dalam meningkatkan prestasi belajar PAI, serta hambatan apa saja yang muncul dalam pelaksanaan program remedial dan pengayaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil latar di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penyajian data hasil penelitiannya dipaparkan dalam bentuk uraian deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknis analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, analisis data dan kesimpulan.Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas (kepercayaan) dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Remedial dilaksanakan dengan metode ujian tulis dan lisan dengan materi yang siswa belum kuasai. Remedial dilakukan melalui pemberian ulangan ulang bagi siswa yang belum tuntas kognisinya sampai siswa mendapat nilai tuntas dan pendekatan bagi siswa yang belum tuntas psikomotor maupun afeksinya. Sedangkan pengayaan dilakukan dengan metode belajar mandiri maupun kelompok dan tutor sebaya dengan tujuan siswa yang tuntas akan membantu siswa yang belum tuntas. Materi pengayaan sama dengan kompetensi atau indikator yang sedang diajarkan dikelas. (2) Remedial dan pengayaan sangatlah memberi kontribusi dalam meningkatkan prestasi siswa serta semangat belajar siswa yang dalam hal ini dapat dilihat adanya peningkatan prestasi belajar antara sebelum dan sesudah diadakannya remedial dan pengayaan. (3) Hambatan dalam pelaksanaan remedial dan pengayaan yaitu masih adanya siswa yang menyepelekan remedial serta kurangnya waktu tambahan untuk memberikan pendalaman materi bagi siswa yang sudah tuntas maupun siswa yang belum tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sukiman, M. Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jun 2014 11:42
Last Modified: 02 Aug 2017 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12842

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum