ANALISIS RISIKO PADA PORTOFOLIO SAHAM SYARI’AH MENGGUNAKAN VALUE AT RISK (VaR) DENGAN PENDEKATAN GENERALIZED PARETO DISTRIBUTION (GPD)

MAIDA FAUZIAH , NIM. 09610024 (2014) ANALISIS RISIKO PADA PORTOFOLIO SAHAM SYARI’AH MENGGUNAKAN VALUE AT RISK (VaR) DENGAN PENDEKATAN GENERALIZED PARETO DISTRIBUTION (GPD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS RISIKO PADA PORTOFOLIO SAHAM SYARI’AH MENGGUNAKAN VALUE AT RISK (VaR) DENGAN PENDEKATAN GENERALIZED PARETO DISTRIBUTION (GPD))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS RISIKO PADA PORTOFOLIO SAHAM SYARI’AH MENGGUNAKAN VALUE AT RISK (VaR) DENGAN PENDEKATAN GENERALIZED PARETO DISTRIBUTION (GPD))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Saham Indonesia atau dalam dunia investasi mengandung dua unsur yaitu risiko dan return, salah satu alat ukur risiko yang populer saat ini adalah peritungan VaR. VaR merupakan ukuran risiko berbasis statistik. Perhitungan VaR berdasarkan pada distribusi probablitas return sekuritas. Terdapat beberapa macam metode dalam perhitungan VaR, salah satunya adalah VaR-GPD. VaRGPD merupakan metode yang menggunakan asumsi bahwa data memiliki Heavytailed. Sehingga dalam penerapannya VaR-GPD didefinisikan VaRt(a)=VaR1(a).√_, rumus VaR-GPD menggunakan konversi VaR. Penelitian ini membahas tentang analisis risiko pada portofolio saham syari’ah menggunakan VaR-GPD dengan populasi saham syari’ah Jakarta Islamic Index (JII). Sampel yang diambil berdasarkan teknik purposive random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang berdasarkan pada kriteria-kriteria tertentu yaitu pertama sampel diambil berdasarkan saham-saham yang konsisten masuk dalam JII dan diperoleh 17 saham, kedua berdasarkan kriteria pertama dipilih saham-saham yang memiliki nilai mean return positif dan diperoleh 9 saham. Dari kriteria kedua diambil 5 saham yang memiliki mean return positif terbesar, saham-saham tersebut antara lain ASRI, CPIN, KLBF, SMGR dan LPKR pada periode 3 Januari 2012 – 31 Desember 2013. Hasil perhitungan pada penelitian ini dengan menggunakan VaR-GPD diperoleh VaR 0,0185 menunjukkan bahwa dengan tingkat kepercayaan 90% maka kemungkinan kerugian maksimal pada 1 hari kedepan adalah 1,85% dari aset saat ini. Misalkan pada aset saat ini adalah 1 miliar , maka kemungkinan kerugian maksimal sebesar Rp 18.500.000, sedangkan 5 hari kedepan pada tingkat keyakinan yang sama dan aset awal yang sama menunjukkan kemungkinan kerugian maksimal 5 hari kedepan adalaah 4, 13% sebesar Rp 41.300.000, adapun 20 hari kedepan dengan tingkat keyakinan yang sama dan aset awal yang sama kemungkinan kerugian maksimal pada 20 hari kedepan adalah 8,26% sebesar Rp 82.600.000. pengujian validasi dilakukan dengan uji kupiec dengan menghitung nilai likelihood ratio (LR), dari hasil perhitungan VaR-GPD didapatkan nilai likelihood ratio sebesar 315,3776 dengan tingkat kepercayaan 90% didapat nilai tabel 540,930. Karena LR<tabel maka model valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Moh. Farhan Qudratullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Return dan Risk, Portofolio, Saham JII, VaR,VaR-GPD.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jun 2014 13:05
Last Modified: 20 Jan 2016 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12848

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum