KONSEP KELUARGA SAKINAH MENURUT PASANGAN PEKERJA SEKS DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS “SURTI BERDAYA” DI GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN 2013)

MUHAMMAD RIDWAN FIRDAUS , NIM. 09350002 (2014) KONSEP KELUARGA SAKINAH MENURUT PASANGAN PEKERJA SEKS DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS “SURTI BERDAYA” DI GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN 2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KELUARGA SAKINAH MENURUT PASANGAN PEKERJA SEKS DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS “SURTI BERDAYA” DI GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN 2013))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KELUARGA SAKINAH MENURUT PASANGAN PEKERJA SEKS DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS “SURTI BERDAYA” DI GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN 2013))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)

Abstract

Keluarga merupakan bentuk terkecil dari organisasi yang memiliki tujuan yaitu kesejahteraan. Kesejahteraan dalam Islam diwujudkan dalam bentuk keluarga sakinah. Setiap keluarga mendambakan kehidupan yang tenang, tenteram dan penuh kasih. Setiap keluarga akan mengupayakan kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga yang ditempuh dengan berbagai cara dalam berbagai kondisi. Hal ini yang juga dijumpai pada pasangan pekerja seks yang tergabung dalam komunitas “Surti Berdaya” di Giwangan Yogyakarta Fenomena keluarga oleh pasangan pekerja seks ini menimbulkan pertanyaan. Bagaimana konsep keluarga sakinah menurut pasangan pekerja seks pada komunitas “Surti Berdaya” dan bagaimana tinjuan hukum Islam terhadap konsep keluarga sakinah pasangan pekerja seks pada komunitas “Surti Berdaya” tersebut. Penelitian ini meneliti tentang konsep keluarga sakinah menurut pekerja seks pada komunitas “Surti Berdaya” di Giwangan Yogyakarta. Penelitian ini menggali mengenai bagaimana pandangan anggota komunitas tentang konsep dan aplikasi keluarga sakinah. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik. Penggalian data dilaksanakan dengan cara wawancara terstruktur terhadap komunitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan normatif-sosiologis. Teori hukum Islam yang dipakai untuk menganlisis konsep keluarga sakinah pasangan pekerja seks pada komunitas “Surti Berdaya” adalah al-maqa>sid asy-syari>’ah. Teori sosiologi yang dipakai untuk menganlisis konsep keluarga sakinah pasangan pekerja seks pada komunitas “Surti Berdaya” adalah teori penyimpangan sosial. Hasil penelitian konsep keluarga sakinah menurut pasangan pekerja seks pada komunitas “Surti Berdaya” di Giwangan Yogyakarta, diperoleh kesimpulan bahwa konsep sakinah menurut pekerja baru bersifat lahir dan belum diaplikasikan secara menyeluruh, sehingga belum sepenuhnya sesuai dengan Hukum Islam. Konsep dan aplikasi keluarga sakinah menurut pasangan pekerja seks pada komunitas “Surti Berdaya” di Giwangan Yogyakarta dilihat dari sudut pandang maqa>sid asy-syari>’ah belum memenuhi dua aspek yang sesuai dengan hukum Islam yakni memelihara agama dan keturunan. Pekerja seks merupakan bentuk penyimpangan sosial yang mengarah pada hal negatif dan dilakukan dalam bentuk komunitas. Pekerja seks lebih banyak menimbulkan kerusakan bagi keluarga dibanding manfaat yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Ermi Suhasti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : keluarga sakinah, pekerja seks, komunitas “Surti Berdaya”.
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jun 2014 14:14
Last Modified: 19 Apr 2016 12:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12865

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum