PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB BAGI PEMULA DARI ASPEK KEMAHIRAN MEMBACA DAN MENULIS (STUDI PENGEMBANGAN DAN EKSPERIMEN DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)

ASEP ADI ISMANTO , NIM. 1220410054 (2014) PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB BAGI PEMULA DARI ASPEK KEMAHIRAN MEMBACA DAN MENULIS (STUDI PENGEMBANGAN DAN EKSPERIMEN DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB BAGI PEMULA DARI ASPEK KEMAHIRAN MEMBACA DAN MENULIS (STUDI PENGEMBANGAN DAN EKSPERIMEN DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB BAGI PEMULA DARI ASPEK KEMAHIRAN MEMBACA DAN MENULIS (STUDI PENGEMBANGAN DAN EKSPERIMEN DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan yang materi yang diperlukan dari segi kemahiran berbicara dan menulis, dan pendapat ahli materi tentang materi yang dikembangkan dan terakhir mengetahui keefektivitasan materi yang dikembangkan dalam meningkatkan kemahiran membaca dan menulis mahasiswa pemula. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. adapun jenis penelitian ini adalah Research & Development (R & D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan borg and gall dan prosedur eksperimen dengan desain Kuasi Eksperiment Model Nonequivalent Control Group Design. Desain penelitian ini diawali dengan memilih dua kelompok yang ada, dan pemilihan subjek sampel menggunakan kelompok intak atau kelompok belajar yang ada di PPB IAIN SNJ Cirebon tanpa dilakukan penugasan random. Satu dijadikan sebagai kelompok eksperimen berjumlah 30 mahasiswa dan satu kelompok lagi dijadikan kelompok kontrol berjumlah 30 mahasiswa. Sebelum penelitian kedua kelompok tersebut diberi pre-test kemudian ujicoba yang mana kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan materi baru, sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, wawancara dan test. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. Hasil data validasi para ahli menunjukan bahwa kualitas materi baru yang dikembangkann oleh peneliti adalah baik dengan skor rata-rata 3,97 dan layak digunakan bahan ajar. 2. Kualitas aspek materi menurut persepsi mahasiswa pada uji coba kelompok adalah 79% yang dikategorikan cukup baik dan aspek penggunaan adalah 71% yang dikategorikan cukup baik 3. Dan penilaian dosen pengampu hasil data menunjukan bahwa rata-rata kumulatif dari dua aspek yaitu materi dan pembelajaran yang dinilai bahwa kualitas desain materi pembelajaran bahasa arab baru bagi mahasiswa pemula dari segi membaca dan menulis yang dikembangkan peneliti adalah baik dengan skor rata-rata 3,75 dan layak digunakan sebagai bahan ajar 4. Sedangkan berdasarkan uji t-test bahwa nilai t hitung > t tabel (8,120 > 2,000) artinya bahwa ada perbedaan antara rata-rata nilai ujian kelas eksperimen dengan rata-rata nilai ujian kelas kontrol. nilai t hitung positif, berarti rata-rata group1 (kelas ekperimen) lebih tinggi daripada group2 (kelas kontrol) maka materi yang dikembangkan dengan berupa desain materi baru yang dihipotesiskan terbukti efektif dalam meningkatkan kemahiran membaca dan menulis mahasiswa pemula.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sembodo Ari Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Materi, Pembelajaran Bahasa Arab, Kemahiran Membaca dan Menulis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jun 2014 11:44
Last Modified: 24 Apr 2015 17:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12878

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum