SEGMENTASI PROGRAM SIARAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA

SURTININGSIH , NIM. 10240032 (2014) SEGMENTASI PROGRAM SIARAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SEGMENTASI PROGRAM SIARAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SEGMENTASI PROGRAM SIARAN RADIO MQ FM YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

Surtiningsih (10240032) Radio merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk berdakwah, khususnya dalam menyampaikan nilai-nilai Islam kepada masyarakat. Seiring dengan munculnya globalisasi, bisnis radio pun semakin menggeliat, terutama setelah kran frekuensi terbuka lebar. Sehingga tingkat kompetisi untuk mendapatkan pendengar semakin meningkat, masingmasing harus semakin jeli dalam memilih sasarannya. Dalam hal ini segmentasi pasar akan memberikan kemudahan untuk menentukan pasar sasaran atau konsumen yang akan dituju. Segmentasi pasar dapat dilakukan berdasarkan geografi, demografi, psikografi atau berdasar perilaku. Radio MQ FM adalah radio inspirasi keluarga dengan konsep Islami, yang menerapkan strategi segmentasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Radio MQ FM memilahp pasar sasarannya, sehingga program yang disampaikan tepat sasaran. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu peneliti berusaha meneliti segmentasi pasar yang dilakukan Radio MQ FM dengan mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata dengan ketentuan yang sesuai dengan prosedur penelitian yang ada, dengan data yang diperoleh dari hasil wawancara, mencari data, dari dokumen radio yang relevan, serta melakukan observasi pada objek yang diteliti. Dari penelitian yang dilaksanakan diketahui bahwa, segmentasi dilakukan melalui 3 tahap yaitu: survey, analisis, dan penentuan. Segmentasi dikelompokkan berdasar geografi, demografi, psikografi dan perilaku. Penetapan sasaran yang dipilih dengan pendekatan pasar serba aneka (differentiated marketing), segmen yang dibidik adalah anak-anak, dewasa, remaja dan orang tua. Positioning yang dilakukan Radio MQ FM, dengan tagline “Media Bening Hati Bersama Menuju Kebaikan” menciptakan identitas yang kuat sebagai ”Radio Keluarga Muslim” yang menyajikan kajian yang menginspirasi dan mendidik bagi keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Toriq Nurmadiansyah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Segmentasi, Radio.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jun 2014 14:20
Last Modified: 03 Dec 2015 12:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum