STRATEGI UPT INDUSTRI KULIT DAN PRODUK KULIT PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN JAWA TIMUR DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KABUPATEN MAGETAN MELALUI USAHA PENYAMAKAN KULIT

PUTRI MAHARANI ASTUTI , NIM. 09720019 (2014) STRATEGI UPT INDUSTRI KULIT DAN PRODUK KULIT PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN JAWA TIMUR DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KABUPATEN MAGETAN MELALUI USAHA PENYAMAKAN KULIT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI UPT INDUSTRI KULIT DAN PRODUK KULIT PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN JAWA TIMUR DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KABUPATEN MAGETAN MELALUI USAHA PENYAMAKAN KULIT)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI UPT INDUSTRI KULIT DAN PRODUK KULIT PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN JAWA TIMUR DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KABUPATEN MAGETAN MELALUI USAHA PENYAMAKAN KULIT)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat memberikan berbagai program-program pembangunan. Faktanya program yang diberikan pemerintah kepada masyarakat berbanding terbalik dari yang diharapkan dan mengalami kegagalan. Namun program pembangunan yang diberikan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Provinsi Jawa Timur kepada masyarakat Magetan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Magetan. DISPERINDAG Jawa Timur mendirikan UPT Industri Kulit dan Produk Kulit di Kabupaten Magetan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Magetan melalui pemberdayaan usaha penyamakan kulit. Dalam penelitian ini penulis ingin meneliti tentang strategi yang diterapkan DISPERINDAG Provinsi Jawa Timur dalam pemberdayaan masyarakat Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dari fungsional struktural Talcott Parson. Hasil penelitian yang diperoleh adalah UPT Industri Kulit dan Produk Kulit dalam memberikan pemberdayaaan mampu melakukan penyesuaian kebutuhan, dapat mencapai tujuan, mampu berintegrasi dengan pihak-pihak terkait, mampu terus mengembangkan usaha penyamakan kulit dan mampu mengatasi permasalahan yang ada. Pemberdayaan dilakukan dengan menggunakan sistem bottom up, sistem bottom up telah memberikan hasil yang baik karena pemberdayaan terpusat pada masyarakat. Pemberdayaan juga dilakukan sesuai dengan potensi masyarakat sehingga masyarakat lebih mudah menangkap program pemberdayaan sehingga dapat meningkatkan perekonomian mereka. Strategi yang diterapkan UPT Industri Kulit dan Produk Kulit dalam pemberdayaan adalah pertama, meningkatkan usaha penyamakan kulit yang sudah ada dengan berbagai pembinaan seperti menyediakan fasilitas sarana prasarana, memberikan pelatihan dan motivasi serta membantu mengembangkan usaha penyamakan kulit dengan berbagai kegiatan. Setelah usaha penyamakan kulit yang dibina mengalami kesuksesan kemudian karena kesuksesan usaha tersebut menimbulkan rasa tertarik masyarakat untuk mendirikan usaha penyamakan kulit. Kedua, memberikan bakti sosial kepada masyarakat sekitar LIK penyamakan kulit. Bakti sosial digunakan untuk menjaga hubungan baik dan sebagai media pendekatan dengan masyarakat. Hubungan dengan berbagai pihak baik dengan pengusaha, tenaga kerja, masyarakat dan pihak-pihak terkait terus dijaga dengan berbagai kegiatan sehingga pemberdayaan usaha penyamakan kulit dapat berkembang dan tidak ada pihak yang dirugikan. Permasalahan yang terjadi dalam proses pemberdayaan selalu diberikan solusi dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kerukunan berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Napsiah, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pemberdayaan, Strategi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jun 2014 14:25
Last Modified: 31 Dec 2015 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12889

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum