EVALUASI EFEKTIFITAS MODEL PAKEM DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI KELAS VII SMP IT BAITUSSALAM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

SIGIT RIZQI FAUZI , NIM. 08420075 (2014) EVALUASI EFEKTIFITAS MODEL PAKEM DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI KELAS VII SMP IT BAITUSSALAM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI EFEKTIFITAS MODEL PAKEM DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI KELAS VII SMP IT BAITUSSALAM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI EFEKTIFITAS MODEL PAKEM DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI KELAS VII SMP IT BAITUSSALAM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)

Abstract

Sigit Rizqi Fauzi, EVALUASI EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MODEL PAKEM DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI KELAS VII SMP IT BAITUSSALAM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas, penerapan dan signifikansi pembelajaran model PAKEM dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa di SMP IT Baitussalam Sleman. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pemikiran bagi penelitian serupa yang membahastentang pembelajaran model PAKEM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di SMP IT Baitussalam Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi interview dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan variabel-variabel dalam model CIPP yangdikonfirmasi dengan target sasaran yang merupakan ukuran efektifitas program. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa efektifitas pembelajaran model CIPP sudah baik hal ini terlihat dari: 1) Aktifitas Guru: dalam penerapan pembelajaran di SMP IT Baitussalam guru menggunakan berbagai cara, metode dan teknik untk mengembangkan dan memaksimalkan keaktifan peserta didik baik sacara fisik maupun mental sehingga kemampuan berbicara secara pelan akan terasah dan terus meningkat. Selain itu untuk lebih mengoptimalkan kemahiran berbicara siswa guru juga menggunakan alat bantu media dan bermacam cara dalam membangkitkan semangat minat dan motivasi peserta didik termasuk menggunakan lingkungan kelas ataupun sekolah untuk sarana pembelajara siswa. 2) Aktifitas Peserta Didik: dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan model PAKEM setiap individu peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan peserta didik dikelas maupun luaar kelas tidak hanya aktif dalam hal bergerak dan sibuk mengerjakan tugas, namun keaktifan secara mental juga terlihat degan siswa berani untuk bertanya permasalahan pelajaran, mempertanyakan gagasan orang lain dan mengungkapkan gagasan. 3) Lingkungan: lingkungan pembelajaran di SMP IT Baitussalam didesain senyaman dan semenarik mungkin agar siswa merasa betah dan terpacu motivasinya untuk mwngikuti pembelajaran. Kelas dipajang hasil karya siswa dan juga beberapa kosa kata bahasa Arab agar setiap siswa berinteraksi baik itu saat pembelajaran bahasa Arab atauapun buka selalu melihat dan menjadi pengulangan secara terus menerus dan menjadi hafal. Selain itu lingkungan sekolah dan asrama yang biasa menggunakan bahasa arab sebagai bahasa keseharian menjadikan siswa lebih aktif dalam berbicara bahasa arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ahmad Rodli, M.SI
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jun 2014 14:39
Last Modified: 26 Jul 2017 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12896

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum