UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP SISWA KELAS X MAN 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2007/2008 DENGAN METODE ACTION LEARNING-STUDENT CREATED CASE STUDIES THE STUDY GROUP (ASG)

Mokhammad Nasikhudin, NIM.: 03460510 (2008) UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP SISWA KELAS X MAN 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2007/2008 DENGAN METODE ACTION LEARNING-STUDENT CREATED CASE STUDIES THE STUDY GROUP (ASG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP SISWA KELAS X MAN 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2007/2008 DENGAN METODE ACTION LEARNING-STUDENT CREATED CASE STUDIES THE STUDY GROUP (ASG))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP SISWA KELAS X MAN 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2007/2008 DENGAN METODE ACTION LEARNING-STUDENT CREATED CASE STUDIES THE STUDY GROUP (ASG))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa dalam pembelajaran fisika Kelas X MAN 2 Kebumen Tahun Ajaran 2007/ 2008 dengan metode action learning-student created case studies-the study group (ASG). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research / CAR), yang meliputi proses perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas X-1 MAN 2 Kebumen tahun ajaran 2007 / 2008. Keberhasilan pembelajaran ini dapat ditunjukkan dengan keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses meliputi peningkatan sikap dan keterampilan siswa yang diperoleh melalui lembar observasi dan di dukung oleh angket. Keberhasilan produk berupa peningkatan pengetahuan, yaitu kemampuan siswa dalam mengerjakan pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kuantitatif dan ditarik kesimpulan dengan analisis kualitatif. Hasil analisis Penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa dalam pembelajaran fisika dengan metode action learning-student created case studies-the study group (ASG). Peningkatan pengetahuan pada siklus I dari hasil pre-test ke post-test sebesar 59,52 %, sedangkan untuk siklus II dan siklus III peningkatannya sama yaitu sebesar 29,57 %. Untuk peningkatan keterampilan siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,51 %, siklus II ke siklus III sebesar 13,51 %. Sedangkan peningkatan sikap siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 14,67 %, untuk siklus II ke siklus III sebesar 3,81 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Warsono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Keterampilan, Metode Action Learning-Student Created Case Studies-The Study Group (ASG)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 May 2025 10:22
Last Modified: 14 May 2025 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1291

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum