PERAN GURU BK DALAM MEMBINA PERILAKU ASERTIF SISWA TERISOLIR DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

YANIS AINUR ROIFAH , NIM. 10220009 (2014) PERAN GURU BK DALAM MEMBINA PERILAKU ASERTIF SISWA TERISOLIR DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BK DALAM MEMBINA PERILAKU ASERTIF SISWA TERISOLIR DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BK DALAM MEMBINA PERILAKU ASERTIF SISWA TERISOLIR DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)

Abstract

YANIS AINUR ROIFAH NIM 10220009. “Peran Guru BK dalam Membina Perilaku Asertif Siswa Terisolir di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta”.Skripsi.Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam.Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan siswa terisolir dengan interaksi teman sebayanya.Banyak fakta yang menunjukkan siswa cenderung pendiam, sulit membangun hubungan dengan teman, lebih suka menyendiri, pemalu dan kurang percaya diri. Berbagai fakta tersebut telah menuntut guru BK untuk dapat mengidentifikasi masalah siswa terisolirdan memberi bimbingan serta membina perilaku asertifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara umum peran guru BK dalam membina perilaku asertif siswa terisolir di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.Subjek utamanya ditentukan dengan purposive samplingadalah 3 orang guru BK dan 3 orang siswa terisolir kelas VII, VIII dan IX yang sudah mendapatkan bimbingan dan konseling serta subjek pendukungnya adalah kepala sekolah. Objek penelitian ini adalah peran guru BK dalam membina perilaku asertif siswa terisolir dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara. Analisis menggunakan deskriptif kualitatif model dari Matwe G. Miles dan Michael Hiberman dengan cara menginterpretasikan data-data yang diperoleh, dengan triangulasi sumber data guna mendapatkan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru BK dalam membina perilaku asertif siswa terisolir di SMP Muhammadiyah 2 yogyakarta yaitu guru BK mengaplikasikan dalam layanan program dan layanan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling kepada para siswa terisolir, yang pelaksanaannya sesuai dengan fungsi dan tugas guru BK sebagai informator, organisator, motivator, director, inisiator, transmitter, fasilitator, mediator, serta evaluator. Dan faktorfaktor yang mempengaruhi peran guru BK dalam membina perilaku asertif siswa terisolir di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah terdiri dari dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yang mempengaruhi adalah sarana dan prasarana yang menunjang bagi kesejahteraan mental dan fisik, volume upah kerja yang dapat memenuhi kebutuhan seseorang, sikap jujur dan dapat dipercaya dari kalangan yang bersangkutan terwujud dalam kenyataan, dan penghargaan terhadap need for achievement (hasrat dan kebutuhan untuk maju). Sedangkan faktor yang menghambat pembinaan perilaku asertif siswa terisolir adalah suasana kerja yang kurang menggairahkan atau iklim dalam komunikasi demokrasi yang kurang serasi dan manusiawi antara pimpinan dan bawahan, dan penanaman sikap dan pengertian yang kurang di kalangan guru BK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Abdullah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Keyword: Peran Guru BK, Membina Perilaku asertif, Siswa Terisolir.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Jun 2014 14:05
Last Modified: 29 Oct 2015 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12913

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum