Rosidah, NIM.: 01450569 (2008) PENGARUH INTEGRASI SAINS DAN ISLAM DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SUB MATERI POKOK ARCHAEBACTERIA PADA SISWA KELAS X MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH INTEGRASI SAINS DAN ISLAM DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SUB MATERI POKOK ARCHAEBACTERIA PADA SISWA KELAS X MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (PENGARUH INTEGRASI SAINS DAN ISLAM DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SUB MATERI POKOK ARCHAEBACTERIA PADA SISWA KELAS X MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi sains dan Islam dengan metode diskusi terhadap hasil belajar biologi sub materi pokok archaebacteria pada siswa kelas X Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2007-2008. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X, sedangkan sampel diambil kelas XA dan XC yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan dasar tertentu atau berdasarkan tujuan tertentu. Sebelum digunakan untuk mengambil data, dilakukan validitas construct terhadap instrumen, pendapat dari ahli (judgment expert) dapat digunakan untuk menguji validitas konstruksi ini. Analisis data tes melalui pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t menggunakan program komputer paket SPSS versi 13, sedangkan data observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pembelajaran yang mengintegrasikan sains dan Islam dengan metode diskusi memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, aspek kognitif siswa kelas eksperimen meningkat 6,41 poin sedangkan pada siswa kelas kontrol 4,74 poin, aspek afektif dan psikomotorik siswa kelas eksperimen juga lebih berkembang dari pada siswa kelas kontrol. Kedua, siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran yang mengintegrasikan sains dan Islam dengan metode diskusi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Muqowim, M.Ag. dan Drs. Satino, M.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Integrasi Sains-Islam, Metode Diskusi, Hasil Belajar |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 09 May 2025 16:10 |
| Last Modified: | 09 May 2025 16:12 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1294 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
