NILAI-NILAI AKHLAK DALAM Q.S. YUSUF AYAT 23-25 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK SISWA USIA REMAJA (STUDI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB)

ADI HIDAYAT , NIM. 10411045 (2014) NILAI-NILAI AKHLAK DALAM Q.S. YUSUF AYAT 23-25 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK SISWA USIA REMAJA (STUDI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( NILAI-NILAI AKHLAK DALAM Q.S. YUSUF AYAT 23-25 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK SISWA USIA REMAJA (STUDI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( NILAI-NILAI AKHLAK DALAM Q.S. YUSUF AYAT 23-25 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK SISWA USIA REMAJA (STUDI TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ADI HIDAYAT. Nilai-nilai Akhlak dalam Q.S. Yusuf Ayat 23-25 dan Relevansinya terhadap Pembinaan Akhlak Siswa Usia Remaja (Studi Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini ialah maraknya degradasi akhlak di Indonesia, khususnya di kalangan siswa usia remaja. Pembinaan akhlak menjadi hal yang sangat mendesak untuk dilakukan. Nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam kisah Nabi Yusuf as. dalam Q.S. Yusuf penting untuk dikaji dan diaplikasikan oleh para siswa usia remaja. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini ialah apa nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Q.S. Yusuf ayat 23-25 dalam Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab, bagaimana relevansi nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Q.S. Yusuf ayat 23-25 dalam Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab terhadap pembinaan akhlak siswa usia remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Q.S. Yusuf ayat 23-25 dalam Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab dan relevansinya terhadap pembinaan akhlak siswa usia remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data primer menggunakan kitab Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Metode analisa menggunakan content analisys atau analisis isi. Pendekatan penelitian menggunakan pendeketan hermeneutika, dengan cara mengidentifikasi makna yang terkandung dalam Q.S. Yusuf ayat 23-25 dengan menggunakan kitab Tafsir Al-Misbah untuk mengungkap nilai-nilai akhlak dalam ayat-ayat tersebut yang selanjutnya direlevansikan terhadap pembinaan akhlak siswa usia remaja dalam konteks kekinian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Q.S. Yusuf ayat 23-25 di dalam Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab mencakup nilai-nilai akhlak terhadap Allah Swt, akhlak terhadap diri sendiri, dan akhlak terhadap sesama manusia, khususnya terhadap lawan jenis. Nilai-nilai akhlak tersebut meliputi nilai ketakwaan, nilai kesabaran, nilai syukur, nilai „iffah (memelihara kehormatan diri), nilai khauf (rasa takut), nilai keberanian, nilai kegigihan, nilai kejujuran, dan nilai malu. (2) Nilai-nilai akhlak dalam Q.S. Yusuf ayat 23-25 memiliki relevansi terhadap materi pembinaan akhlak siswa usia remaja pada zaman sekarang. Nilai-nilai akhlak tersebut dapat ditanamkan kepada para siswa usia remaja agar mereka dapat memiliki akhlak yang terpuji kepada Allah, kepada diri sendiri, dan kepada sesama manusia, khususnya lawan jenis. Pembinaan akhlak dengan nilai-nilai tersebut akan membentuk akhlak siswa usia remaja agar mereka mampu bertakwa, bersabar, bersyukur, memelihara kehormatan diri, memiliki rasa takut, berani, gigih, benar atau jujur, dan memiliki rasa malu dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: nilai-nilai akhlak, pembinaan akhlak, siswa usia remaja.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Jun 2014 11:04
Last Modified: 02 Aug 2017 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum