Al Fatihah sebagai al Qur'an in a nutshell (studi tafsir ensiklopedi al Qur'an: tafsir sosial berdasarkan konsep-konsep kunci)

ULFA MUNIFAH, NIM. 08530002 (2013) Al Fatihah sebagai al Qur'an in a nutshell (studi tafsir ensiklopedi al Qur'an: tafsir sosial berdasarkan konsep-konsep kunci). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Al Fatihah sebagai al Qur'an in a nutshell (studi tafsir ensiklopedi al Qur'an: tafsir sosial berdasarkan konsep-konsep kunci))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Al Fatihah sebagai al Qur'an in a nutshell (studi tafsir ensiklopedi al Qur'an: tafsir sosial berdasarkan konsep-konsep kunci))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (418kB)

Abstract

Dalam diskursus kajian tafsir, ada sebuah metode yang ditempuh ulama dalam menafsirkan al Qur’an, seperti yang dilakukan oleh Dawam.al Fatihah adalah salah satu surat yang menjadi daya tarik untuk dibahas, karena selain letak dan kandungan fatihah yang menarik, karena dalam beberapa riwayat mengatakan bahwa al fatihah itu sebagai umm al kitab, yang lebih menarik lagi dari tokoh yang dibahas peneliti (Dawam Rahardjo) adalah seorang tokoh ekonomi, yang mempunyai kecintaan terhadap bidang tafsir. Selain karena batasan yang telah ditentukan, maka menurut pribadi tafsir ini menarik, dari segi cara pembahasan dan isinya yang hanya membahas dimensi sosial dan konsep kunci. Peneliti tertarik untuk meneliti al fatihah sebagai al Qur’an in a nutshell studi tafsir “ensiklopedia al Qur’an :tafsir sosial berdasarkan konsep-konsep kunci” bahwa al Fatihah apabila diperumpamakan itu seperti kulit kacang yang melingkupi seluruh isi kacang atau dengan bahasa lain sebagai muhkamat, sedangkan ayat-ayat yang lain sebagai ayat-ayat mutasyabihat, karena semua penjelasan ayat-ayat tersebut teringkas dalam satu surat yaitu al fatihah, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti al fatihah sebagaial Qur’an in a Nutshell studi tafsir “ensiklopediaal Qur’an :tafsir sosial berdasarkan konsep-konsep kunci. Metode yang digunakan peneliti dalam menganalisis data adalah dengan metode penelitian pustaka, sebuah penelitian yang menggunakan cara pengumpulan data dan informasi mengenai tema pembahasan dan beberapa literatur yang masih terkait dengannya, baik itu berupa buku, jurnal, dokumen-dokumen, dan lain-lain sebagai sumber data. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan berbagai sumber yang terbagi menjadi dua bagian. Pertama, sumber data primer, yaitu data yang disusun oleh Dawam Rahardjo yang membahas tentang tafsir surat al Fatihah yaitu: Ensiklopedia al Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci Hal ini, kakarteristik pemikiran Dawamlah yang sedikit membedakan dengan para ulama tafsir. Perbedaan tersebut terlihat, ketika Dawam mencoba mempraktekan suatu ayat al Qur’an yang menjadikan kata-kata yang terdapat surat al fatihah sebagai kata kuncinya. Maksudnya, menjadikan al Fatihah sebagai tolok ukur dalam sebuah penafsiran. Akan tetapi secara global, prinsip al Fatihah sebagai al Qur’an in a Nutshell bukan sesuatu yang baru. Karena pandangan tersebut berangkat dari tafsir al Qur’an bi al Qur’an walaupun begitu, tetap ada apresiasi terhadap Dawam yang telah membangun prinsip tersebut. Sedangkan in a Nutshell itu sendiri hanya sebuah istilah yang digunakan Dawam. Sumbangan keilmuan yang didapatkan dari penelitian ini yakni, bisa mendatangkan manfaat dan kontribusi akademik bagi peneliti maupun pembaca semuanya terkait dengan studi tafsir. Sehingga dengan penelitian ini, diharapkan untuk tidak hanya menerima begitu saja sesuatu yang sudah ada tanpa adanya penelitian ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Baidhowi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Al Fatihah, al Qur'an in a nutshell
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jun 2014 14:06
Last Modified: 06 May 2015 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12952

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum