PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN BUDI PEKERTI DI JOGJA GREEN SCHOOL

DAHLIA, S.Pd., NIM. 1220430010 (2014) PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN BUDI PEKERTI DI JOGJA GREEN SCHOOL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN BUDI PEKERTI DI JOGJA GREEN SCHOOL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (905kB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN BUDI PEKERTI DI JOGJA GREEN SCHOOL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada masa usia dini, segala potensi yang ada dalam diri anak harus dikembangkan, bukan hanya dari aspek kognitif saja melainkan aspek lingkungan maupun aspek nilai-nilai agama dan moral yang mencakup aspek kehidupan keagamaan, nilai, dan karakter (budi pekerti) perlu mendapat perhatian khusus. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyeimbangkan antara pembelajaran di dalam kelas yang cenderung kearah teori dengan pembelajaran di luar kelas yang mengandung unsur realitas lingkungan. Namun, dunia pendidikan Indonesia masih banyak mengajarkan teori-teori belaka tanpa memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memahami fenomena yang ada di lingkungannya. Selain itu, pendidikan di Indonesia masih terkesan memaksakan peserta didik dalam belajar. Mereka dijejali materi yang harus diselesaikan dengan tingkat pencapaian yang sudah ditetapkan. Sehingga hal ini justru membuat mereka stress. Pendidik juga merasa terbebani dengan adanya program yang mengharuskan mereka untuk membuat rencana kegiatan yang terperinci setiap harinya dalam bentuk rencana kegiatan harian, padahal mereka juga disibukkan dengan beraneka kegiatan lain, sehingga waktu yang digunakan dirasa kurang efektif. Maka tidak jarang banyak pendidik yang kurang siap dalam mengajar karena program yang dirasa cukup berat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara lebih terperinci mengenai konsep dan strategi penanaman pendidikan anak usia dini berwawasan lingkungan dan budi pekerti di Jogja Green School. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diarahkan pada penelitian lapangan (field research). Penentuan sumber data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan datanya berupa pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Konsep pendidikan berwawasan lingkungan dan budi pekerti disesuaikan dengan lingkungan yang terdekat dengan anak-anak. Konsep ini mengajarkan bagaimana anak mencintai lingkungan dan mengamalkan nilai-nilai budi pekerti yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari konsep ini sebenarnya untuk mencerdaskan fikiran dan menghaluskan pekerti. Artinya, selain anak cerdas, ia juga memiliki akhlak, moral yang baik. Strategi yang digunakan untuk mengimplementasikan PAUD berwawasan lingkungan dengan menggunakan pendekatan lingkungan dan pembelajaran kontekstual. Kegiatan sehari-hari menggunakan bahan apa saja yang ditemui untuk dijadikan bahan pelajaran. Sedangkan penanaman wawasan budi pekerti dengan menggunakan pendekatan pembiasaan, seperti mengucapkan “maaf” bila melakukan kesalahan, budaya antri, dan mengembalikan barang pada tempatnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendidikan anak usia dini, wawasan lingkungan dan budi pekerti.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jun 2014 09:43
Last Modified: 24 Apr 2015 17:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12981

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum