HUBUNGAN ANTARA METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs AL FUTUHIYYAH BUMIREJO WONOSOBO TAHUN AJARAN 2013/2014

ARIFA TIKA LISTIANI , NIM. 10420011 (2014) HUBUNGAN ANTARA METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs AL FUTUHIYYAH BUMIREJO WONOSOBO TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs AL FUTUHIYYAH BUMIREJO WONOSOBO TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs AL FUTUHIYYAH BUMIREJO WONOSOBO TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ARIFA TIKA LISTIANI. Hubungan Antara Metode Pemberian Tugas Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Kelas VIII MTs Al Futuhiyyah Bumirejo Wonosobo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan prstasi belajar siswa kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan metode pemberian tugas) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa metode pemberian tugas) pada siswa MTs Al Futuhiyyah Wonosobo. Penelitian ini adalah penelitian ekperimentasi yang dalam penerapannya menggunakan dua kelas, yaitu kelompok eksperimen yang yang dalam penerapannya menggunakan metode pemberian tugas dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu kelas VIII Aisyah dengan jumlah 31 siswa dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode pemberian tugas dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu kelas VIII Al Farobi dengan jumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk perhitungan analisis data menggunakan bantuan program SPSS 17. Pada uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment Karl Pearson dan Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data normalitas sebaran dengan rumus Kolmogorov-Smirnov sedangkan uji homogenitasnya menggunakan rumus Lavene Statistic dan analisa data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 82.4 dan kelompok kontrol sebesar 70.32. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Oleh karena itu, metode pemberian tugas dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jun 2014 13:28
Last Modified: 04 May 2017 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum