TANGGUNG JAWAB PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) TERHADAP PENUMPANG DAN BARANG ANGKUTAN KERETA API KELAS EKONOMI (STUDI KASUS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP VI YOGYAKARTA)

NURFAIKOTUL NGAZIZAH , NIM. 10340048 (2014) TANGGUNG JAWAB PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) TERHADAP PENUMPANG DAN BARANG ANGKUTAN KERETA API KELAS EKONOMI (STUDI KASUS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP VI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TANGGUNG JAWAB PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) TERHADAP PENUMPANG DAN BARANG ANGKUTAN KERETA API KELAS EKONOMI (STUDI KASUS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP VI YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117MB) | Preview
[img] Text (TANGGUNG JAWAB PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) TERHADAP PENUMPANG DAN BARANG ANGKUTAN KERETA API KELAS EKONOMI (STUDI KASUS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP VI YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sering terjadinya kelalaian yang menimbulkan kerugian pihak pengangkut maupun penumpangnya pada perkeretaapian di Indonesia mengindikasikan betapa kompleksnya persoalan manajemen di dalam PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Kereta api (KA) sebagai angkutan massal yang selama ini dinilai cukup aman, ternyata belum memenuhi harapan masyarakat. Kelalaian tersebut menimbulkan bentuk pertanggungjawaban pihak pengangkut terhadap penumpang yang mengalami kerugian. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh PT. Kereta Api (Persero) keselamatan konsumen sebagai penumpang seringkali terabaikan keterbatasan yang pada prinsipnya disadari betul oleh setiap konsumen yang memilih kereta api. Dalam prakteknya dalam pelayanan terhadap pengguna jasa kereta api kelas ekonomi di daerah operasi VI Yogyakarta juga terdapat beberapa kendala-kendala atau hambatan yang dialami oleh PT. Kereta Api (Persero) Daop VI Yogyakarta salah satunya harga karcis yang terlalu murah, sehingga masih banyak konsumen yang menggunakannya dari semua kalangan, dari situlah fasilitas yang diberikan masih kurang di dalam pelayanannya. Secara teoritis, PT. Kereta Api (Persero) harus mempertanggungjawabkan segala tindakan maupun akibat selama ada hubungan perjanjian dengan konsumen. Pertanggungjawaban akibat dari suatu kecelakaan adalah hal terpenting dari suatu hubungan hukum. Hak untuk mendapatkan ganti rugi yang layak seringkali menjadi inti persoalan. Obyek dari penelitian ini lebih dispesifikasikan pada kereta api penumpang kelas ekonomi yang lebih banyak dipergunakan sebagai alat transportasi oleh masyarakat. Dengan pendekatan penelitian yuridis normatif yaitu penelitian lapangan berdasarkan pendekatan Undang-undang hukum positif. Penelitian ini dilakukan sebagai suatu bentuk informasi bagi konsumen (pengguna jasa) angkutan kereta api yang membutuhkan penjelasan tentang hak dan kewajiban sebagai konsumen, bentuk tanggung jawab pengangkut terhadap kerugian yang dialami penumpangnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Kereta Api (Persero) bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami penumpang kelas ekonomi dalam bentuk pemberian santunan atas korban kecelakaan baik yang meninggal dunia, cacat maupun luka-luka. Santunan yang diberikan PT. Kereta Api (Persero) merupakan premi yang dibayarkan penumpang yang dikelola oleh pihak Asuransi yaitu PT. Jasa Raharja, kerugian penumpang kelas ekonomi menurut PT. Kereta Api (Persero) adalah kerugian pada penumpang yang timbul karena adanya kecelakaan pada kereta tersebut, bukan pada barang bawaan penumpang. Hal itu dikarenakan yang menjadi obyek angkutan adalah penumpang itu sendiri. Apabila dapat dibuktikan bahwa pihak penyelenggara yang bersalah maka penumpang berhak mendapat ganti rugi (kopensasi) sesuai kerugian yang diderita penumpang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Bahiej, S.H., M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jun 2014 14:10
Last Modified: 18 Aug 2016 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13002

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum