PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI DALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK SD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN

ASTRI SEPTIYANINGRUM , NIM. 10411050 (2014) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI DALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK SD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI DALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK SD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI DALAM PENINGKATAN SOCIAL SKI PESERTA DIDIK SD ALAM HARAPAN KITA KAB. KLATEN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)

Abstract

ASTRI SEPTIYANINGRUM. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar PAI dalam Peningkatan Social Skill Peserta Didik SD Alam Harapan Kita Kab. Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah setiap proses pembelajaran membutuhkan sumber belajar. Lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang nyata dan praktik yang mampu disajikan kepada peserta didik dengan mudah. Dari lingkungan yang tersedia itu diharapkan terjadinya proses penanaman social skill pada peserta didik, sebagai bersosialisasi dan hidup bermasyarakat. Tentunya sebagai sekolah dasar Islam, SD Alam Harapan Kita Klaten memanfaatkan lingkungan yang diciptakan tersebut untuk membentuk social skill guna menghadapi tantangan masa depan yang semakin instan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar PAI di Sekolah Alam SD Harapan Kita Kabupaten Klaten dan hasil yang dicapai dari pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembentukan social skill peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Alam Harapan Kita Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, yaitu mereduksi data, penyajian data, dan dilanjutkan dengan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran PAI dengan menerapkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dikemas tiga metode yaitu observasi, eksperimen dan outing. Metode observasi, yaitu metode yang dilakukan dengan pengamatan terhadap lingkunagn sekitar dengan memperlihatkan obyek yang akan dipelajari, kemudian siswa diminta mengeksplorasi yang mereka lihat. Metode eksperimen dilakukan dengan dengan uji coba atau praktek terhadap obyek yang terdapat di lingkungan sekolah tersebut seperti menyantuni dhuafa. Metode Outing merupakan pembelajaran yang dilakukan di luar sekolah. Outing pada pembelajaran PAI dilaksanakan di lingkungan masyarakat sekitar sekolah. (2) Hasil kecakapan sosial dari pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar PAI antara lain, pertama: kesadaran situasional maksudnya mereka mampu membaca situasi dan kondisi yang tejadi di lingkungannya. Menciptakan rasa sikap tolong menolong antar siswa maupun masyarakat. Kedua: Kecakapan ide, efektivitas, pengaruh kuat dalam melakukan komunikasi dengan seseorang ataupun kelompok dapat dilihat dari hasilnya yaitu dengan kemampuan dalam menyampaikan gagasannya dan mempengaruhi orang lain. Siswa mampu menyampaikan kritik dari pengamatan saat pembelajaran. Ketiga: Berkembangnya rasa empati peserta didik mampu menbentuk anak yang selalu bersyukur dan dermawan. Keempat: Terampil berinteraksi sebagai hasil pembentkan social skill dapat dilihat sikap peserta didik kemampuannya dalam berkomunikasi. Siswa memiliki keberanian mengajak bicara orang yang baru dikenalnya seperti tamu sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sukiman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jun 2014 15:01
Last Modified: 02 Aug 2017 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13014

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum