PENGEMBANGAN MODUL IPA FISIKA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI BERPARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI

LATIFAH HIDAYATI , NIM. 06690024 (2014) PENGEMBANGAN MODUL IPA FISIKA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI BERPARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN MODUL IPA FISIKA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI BERPARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN MODUL IPA FISIKA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI BERPARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hakikat pembelajaran IPA pada dasarnya tidak hanya mempelajari fenomena alam tetapi juga menanamkan nilai religius untuk mengangungkan Sang Pencipta. Penanaman nilai religius dapat dilakukan melalui integrasi-inerkoneksi makna Al-Qur’an, hadist maupun peristiwa keagamaan dengan konsep IPA baik dalam proses pembelajaran maupin dalam bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengembangkan modul pembelajaran IPA Fisika pokok bahasan usaha dan energi berparadigma integrasi-interkoneksi untuk siswa SMP/MTs kelas VIII semester genap. 2) mengetahui kualitas modul yang dikembangkan. 3) mengetahui respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah pengembangan (R & D) dengan model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur dalam penelitian ini menggunakan model 3-D yang diadaptasi dari pengembangan perangkat model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagaraja, Semmel dan Semmel yang meliputi tahap Define, Desing dan Develop. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas modul dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini berupa (1) modul IPA Fisika pokok bahasan usaha dan energi berparadigma integrasi-interkoneksi untuk siswa SMP/MTs kelas VIII semester genap. (2) kualitas modul berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan ahli integrasi-interkoneksi memiliki kategori cukup, penilaian oleh ahli media memiliki kategori baik dan penilaian oleh guru IPA memiliki kategori sangat baik. (3) Respon siswa terhadap modul yang dikembangkan baik pada uji lapangan skala kecil maupun pada skala besar termasuk dalam kriteria sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nur Untoro, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : modul, IPA Fisika, paradigma integrasi-interkoneksi, usaha, energi.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Jun 2014 14:40
Last Modified: 15 Feb 2016 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13036

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum