IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN KULON PROGO DALAM MENANGGULANGI PEKERJA SEKS KOMERSIAL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

CAKTIANNAE RIDAWATI , NIM. 10370004 (2014) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN KULON PROGO DALAM MENANGGULANGI PEKERJA SEKS KOMERSIAL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN KULON PROGO DALAM MENANGGULANGI PEKERJA SEKS KOMERSIAL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN KULON PROGO DALAM MENANGGULANGI PEKERJA SEKS KOMERSIAL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Di dalam agama Islam, kegiatan prostitusi atau pelacuran adalah perbuatan zina. Zina menurut agama Islam adalah dosa besar. Oleh karena itu pemberian hukuman bagi para pelaku zina dengan hukuman cambuk delapan puluh kali dan hukuman rajam. Institusi negara tidak lepas dari konsep kolektif yang ada dalam landasan moral dan syariah Islam. Konsep ukhuwah, konsep tausiyah, dan konsep khalifah merupakan landasan pembangunan institusi Islam yang berbentuk Negara. Dalam hal ini negara yang diwakili oleh pemerintah daerah wajib melindungi masyarakat dari berbagai kerusakan dan kemaksiatan. Kebijakan pemerintah daerah harus dapat dilaksanakan oleh para aparatur penegak hukum agar dapat diimplementasikan ke dalam bentuk peraturan/undang-undang, sehingga akan tampak jelas sanksi yang dikenakan bagi para pelanggar aturan tersebut. Hal inilah yang sertidaknya menjadi problem dalam riset ini. Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah Studi lapangan yang meliputi observasi secara langsung dan wawancara terhadap para obyek terkait dengan pendeskriptifan kata-kata lisan yang diperoleh dari para obyek penelitian. Studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara mendokumentasikan dokumen dan literature yang berhubungan dengan materi penelitian. Sifat penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang ditunjukan untuk mengkaji suatu fenomena secara mendalam tentang berbagai gejala-gejala sosial yang terjadi di dalam masyarakat agar mendapatkan saran mengenai apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tertentu seperti penanggulangan pekerja seks komersial dalam Islam. Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan pendekatan normatif yaitu berlandaskan Al-Qur’an dan al-Hadis. Setelah dilakukan penelitian, bahwa dalam upaya penanggulangan praktek prostitusi di wilayah Kabupaten Kulon Progo yang dilakukan oleh aparat pemerintah setempat ternyata belum efektif, karena masih terlihat jelas aktifitas para PSK disekitar wilayah Wates dan penangan terhadapnya belum serius. Menurut penyusun, mengingat persoalan pelacuran adalah permasalahan yang multi perspektif. Pemerintah Kabupaten Kulon progo yang bergerak melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo dan sat Pol PP harus dapat bekerja sama dengan lembaga sosial lainnya agar terwujudnya peran aktif, kontrol sosial dan kedisiplinan antar masyarakat Kulon Progo dan para aparatur penegak hukum dengan merujuk aspek keadilan tanpa padang bulu dalam penindakan hukum tersebut. Pandangan hukum Islam terhadap penanggulangan pekerja seks komersial adalah pemeberian sanksi yang tegas bagi para pelaku perzinaan tersebut agar melindungi kehormatan manusia,menjadikan masyarakat aman dan tentram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M. Rizal Qasim, M,Si.
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Jun 2014 14:44
Last Modified: 02 May 2016 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13038

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum