PENDAFTARAN TANAH SECARA SPORADIK DI KABUPATEN PATI JAWA TENGAH (STUDI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH)

SOKHIB SETIYONO , NIM. 10340076 (2014) PENDAFTARAN TANAH SECARA SPORADIK DI KABUPATEN PATI JAWA TENGAH (STUDI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDAFTARAN TANAH SECARA SPORADIK DI KABUPATEN PATI JAWA TENGAH (STUDI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDAFTARAN TANAH SECARA SPORADIK DI KABUPATEN PATI JAWA TENGAH (STUDI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pendaftarn tanah merupakan hal yang penting terkait tujuan pendaftaran tanah tersebut untuk menjamin kepastian hukum dan perlindungan hukum kepada masyarakat dan memberikan informasi untuk mengetahui status tanah baik data fisik maupun data yuridisnya. Adapun salah satu dari pendaftaran tanah tersebut yaitu pendaftaran tanah secara sporadik berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Peningkatan terhadap pendaftaran tanah secara sporadik sangat diharapkan karena masih banyak tanah yang ada di Indonesia yang belum memiliki sertifikat. Melalui pendaftaran tanah secara secara sporadik, dapat memberikan jaminan berupa penerbitan sertifikat terhadap pemegang hak atas tanah. Kemudian hal yang menarik penyusun untuk mengetahui apakah pelaksanaan pendaftaran tanah secara sporadik sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Dalam penyusunannya penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di Kantor Pertanahan Kabupaten Pati. Sifat penelitiannya menggunakan sifat penelitian deskriptif yaitu memberi data seteliti mungkin tentang manusia, keadaan atau gejala-gejala lainnya. Sedangkan pendekatan yang dugunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis empiris dengan cara memadukan bahan-bahan hukum (data sekunder) dengan data yang diperoleh di lapangan (data perimer). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode lapangan dan studi pustaka. Adapun analisis data dengan menggunakan metode analisis data pendekatan deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pendaftaran tanah secara sporadik di Kabupaten Pati sudah sesuai dengan prosedur dalam penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 197 tentang Pendaftaran Tanah. Tetapi masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya seperti animo masyarakat yang kurang karena jarak antara Kantor Pertanahan Kabupaten Pati dengan tempat tinggal pemohon yang jauh, kurangnya kesadaran masyarakat untuk mendaftarakan tanahnya disebabkan belum mengerti tujuan dari pendaftaran tanah, pemohon tidak mendaftarkan tanahnya sendiri dan lebih memilih menggunakan jasa orang lain untuk mendaftarkan tanahnya dan terbatasnya SDM yang ada pada Kantor Pertanahan Kabupaten Pati sehingga berakibat pada terbatasnya pendaftaran tanah yang dapat diselesaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Iswantoro, S.H., M.H.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Jun 2014 15:02
Last Modified: 18 Aug 2016 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13044

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum