HUBUNGAN ANTARA MENGIKUTI PENGAJIAN “BUMI MENTAOK” DENGAN RELIGIUSITAS ANGGOTA PENGAJIAN “BUMI MENTAOK” KELURAHAN PRENGGAN KECAMATAN KOTA GEDE YOGYAKARTA

LUTFI ALFIAN , NIM. 09210110 (2014) HUBUNGAN ANTARA MENGIKUTI PENGAJIAN “BUMI MENTAOK” DENGAN RELIGIUSITAS ANGGOTA PENGAJIAN “BUMI MENTAOK” KELURAHAN PRENGGAN KECAMATAN KOTA GEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA MENGIKUTI PENGAJIAN “BUMI MENTAOK” DENGAN RELIGIUSITAS ANGGOTA PENGAJIAN “BUMI MENTAOK” KELURAHAN PRENGGAN KECAMATAN KOTA GEDE YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA MENGIKUTI PENGAJIAN “BUMI MENTAOK” DENGAN RELIGIUSITAS ANGGOTA PENGAJIAN “BUMI MENTAOK” KELURAHAN PRENGGAN KECAMATAN KOTA GEDE YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)

Abstract

Dakwah dalam Islam sangat dianjurkan, mengingat di dalam Al-Qur’an banyak termaktub ayat mengenai dakwah. Dimana dalam berdakwah, metode berdakwah hendaknya menjadi perhatian oleh para mubaligh. Kegiatan mendengarkan atau menyaksikan dakwah di percaya dapat meningkatkan keimanan, spriritualitas, serta rasa religiusitas seseorang. Disamping itu penyampaian dakwah yang bersifat positif dan praktis tersebut dapat memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat secara konkrit. Keadaan inilah yang membuat masyarakat yang mengikuti kegiatan dakwah dipercaya lebih pro-aktif menanggapi penyampaian dari da’i selama berdakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat intensitas dan minat dalam mengikuti pengajian “Bumi Mentaok”. Serta untuk menganalisis hubungan antara mengikuti aktivitas dakwah pengajian “Bumi Mentaok” dengan tingkat religiusitas Jamaah pengajian Bumi Mentaok. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat intensitas dan minat jamaah pengajian Bumi Mentaok dalam mengikuti aktivitas pengajian Bumi Mentaok tergolong dalam kategori sedang. Tingkat religiusitas masyarakat kelurahan Prenggan yang mengikuti aktivitas dakwah Bumi Mentaok diketahui mayoritas termasuk kedalam kategori sedang. Hubungan antara mengikuti aktivitas dakwah Bumi Mentaok dengan tingkat religiusitas adalah signifikan terhadap religiusitas masyarakat kelurahan prenggan yang mengikuti kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Musthofa, S. Ag., M. Si
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jun 2014 08:31
Last Modified: 16 Oct 2015 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13087

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum