PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2013/ 2014

ANIS JULAIKA WATI , NIM. 07680012 (2014) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2013/ 2014 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2013/ 2014 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh media pembelajaran biologi berbasis adobe flash terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan, (2) Mengetahui pengaruh media pembelajaran biologi berbasis adobe flash terhadap hasil belajar kognitif kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran adobe flash dan kelas kontrol dengan menggunakan media power point. Pengumpulan data adalah angket dan tes. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test dan Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Rata-rata skor motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 75,00 dan kelas kontrol sebesar 73,03. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney U-test p > 0,05 berarti motivasi belajar kelas kontrol sama dengan kelas eksperimen. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan adobe flash dengan pembelajaran power point terhadap motivasi belajar siswa; (2) Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 91,00 dan kelas kontrol sebesar 76,33. Berdasarkan hasil uji Independent Sampel T-test p < 0,05 berarti terdapat perbedaan signifikan hasil posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan dalam menggunakan media biologi berbasis adobe flash terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suhardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: adobe flash, hasil belajar, media pembelajaran, motivasi belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 08:22
Last Modified: 04 Mar 2016 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13214

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum