PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE BERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

ICMI KARTIKASARI , NIM. 10690028 (2014) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE BERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE BERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MESSAGE BERKONTEN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains dan model pembelajaran cooperative learning type group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, serta penerapan model pembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains dan model pembelajaran cooperative learning type group investigation dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida stastis. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi eksperiment) dengan nonequivalent control group design, dengan variabel bebas berupa model pembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains dan cooperative learning type group investigation, dan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA di SMA N 8 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen II dengan model cooperative learning type group investigation. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah soal pretestposttest, sedangkan instrument pembelajaran berupa silabus, RPP dan LKS. Teknik analisis data soal pretest-posttest menggunakan statistik inferensial uji Mann- Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains dan model cooperative learning type group investigation berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis (nilai Asyimp.Sig (2-tailed) adalah 0,548. Karena 0,548 >0,05, maka Ho diterima). Peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas yang diberi perlakuan model MESSAGE berkonten keterampilan proses sains memiliki rata-rata N-Gain 0,62 termasuk kategori sedang, sedangkan pada model cooperative learning type group investigation memiliki rata-rata N-Gain 0,58 juga termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model pembelajaran MESSAGE berkonten keterampilan proses sains, model cooperative learning type group investigation, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 08:29
Last Modified: 15 Feb 2016 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum