PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK REDOKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII

ERNY MAWATI , NIM. 10670015 (2014) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK REDOKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK REDOKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK REDOKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, serta mengetahui kelayakan modul kimia berbasis masalah pada materi pokok redoks sebagai sumber belajar untuk SMA/MA kelas XII. Penilaian didasarkan pada penilaian lima pendidik kimia dan respon dari lima belas peserta didik kelas SMA/MA kelas XII. Selain itu, modul juga diujicobakan terbatas dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Penelitian Pengembangan ini menggunakan model prosedural ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Akan tetapi dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap development. Produk modul kimia ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli media, ahli materi, ahli bahasa serta tiga orang peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer yaitu 5 pendidik kimia SMA/MA Yogyakarta serta direspon oleh 15 peserta didik yang bertempat tinggal dan bersekolah di SMA/MA di Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa daftar cek (check list) yang termuat dalam instrumen penilaian, instrumen respon peserta didik dan instrumen observasi uji coba. Data kualitatif yang diperoleh dari ketiga instrumen selanjutnya diubah menjadi data kuantitatif. Hasil penilaian diubah menjadi data kuantitatif dengan penilaian skala lima , sedangkan respon dan data ujicoba terbatas diubah dengan perhitungan persentase. Perhitungan persentase keidealan untuk respon dan perhitungan persentase keterlaksanaan pembelajaran untuk data ujicoba. Adapun untuk mengetahui kelayakan modul, dilihat dari kualitas modul melalui data kuantitatif penilaian pendidik yang diubah menjadi data kualitatif skala lima dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal dan persentase keidealan, data persentase keidealan dari respon peserta didik, dan data persentase keterlaksanaan pembelajarn berdasarkan data ujicoba terbatas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul kimia yang dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 89,437%, sedangkan respon lima belas peserta didik SMA/MA dengan presentase keidealan sebesar 96,35%. Adapun persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan penggunaan modul berdasarkan ujicoba terbatas sebesar 93,33%. Dari hasil ini dapat diketahui bahwa modul kimia yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik kelas XII SMA/MA. Adapun karakteristik modul sebagai sumber belajar adalah activity based yakni melalui kegiatan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Shidiq Premono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: modul kimia, berbasis masalah, materi pokok redoks dan sumber Belajar
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 08:58
Last Modified: 23 Feb 2016 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13226

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum