PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIKUSTIK TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON

HAFSYAH SITI ZAHARA, NIM. 10670004 (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIKUSTIK TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIKUSTIK TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIKUSTIK TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jikustik terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Yogyakarta II pada tahun ajaran 2013/2014. Adapun jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain equivalen pretest posttest group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Yogyakarta II tahu ajaran 2013/2014 yang berjumlah 200 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu X-C sebagai kelas eksperimen dan X-F sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Jikustik, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keaktifan dan prestasi belajar siswa. Instrumen dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu skala keaktifan siswa yang dianlisis menggunakan analisis nonparametrik Mann Whitney, lembar observasi keaktifan siswa yang diubah menjadi data kualitatif dengan skala empat, tes keamampuan kognitif yang dianalisis menggunakan analisis ketuntasan belajar siswa. Analisis skala keaktifan siswa, diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) dari postskala sebesar sebesar 0,003 (<0,05) maka H1 diterima, yaitu ada perbedaan keaktifan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data ini didukung berdasarkan hasil analisis gain ternormalisasi pada skala keaktifan siswa dengan nilai signifikasi (1-tailed) sebesar 0,000 (<0,05) maka H1 diterima, yaitu keaktifan siswa kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu berdasarkan hasil observasi, keaktifan di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada di kelas keontrol. Berdasarkan data yang diperoeleh, maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Jikustik berpengaruh secara signifikan terhadap kekatifan siswa. Adapun analisis prestasi belajar siswa berdasarkan analisis ketuntasan belajar siswa dengan nilai acuan KKM (70), diperoleh nilai signifikasi (1-tailed) dari kelas eksperimen sebesar 0,0475 (<0,05) maka H1 diterima, artinya lebih dari 75% siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih dari nilai acuan, sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai signifikasi (1-tailed) sebesar 0,2025 (>0,05) maka H0 diterima, artinya 75% sisiwa kelas kontrol memiliki rata-rata nilai sama dengan nilai acuan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, model pembelajaran Jikustik telah berhasil menuntaskan lebih dari 75% prestasi belajar kognitif siswa, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Jikustik berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Jikustik, Keaktifan, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 09:24
Last Modified: 17 Mar 2016 17:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum