PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN KETERAMPILAN KERJASAMA

LUTHFIATUL KHUSNA , NIM. 10670047 (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN KETERAMPILAN KERJASAMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN KETERAMPILAN KERJASAMA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN KETERAMPILAN KERJASAMA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar kimia dan keterampilan kerjasama. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the static group pretest-postest design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XE sebagai kelas eksperimen dan XF sebagai kelas kontrol. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik ujian menggunakan instrumen soal pretest dan postest dan teknik non-ujian menggunakan lembar observasi keterampilan kerjasama. Analisis data dilakukan dengan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TPS terhadap hasil belajar kimia peserta didik. Hal ini didasarkan pada hasil uji T nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,874 > 0,05. Artinya H0 diterima atau tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TPS terhadap hasil belajar kimia peserta didik. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TPS terhadap keterampilan kerjasama peserta didik. Hal ini didasarkan pada hasil uji T nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, H0 ditolak atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TPS terhadap keterampilan kerjasama peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kuasi eksperimen, model pembelajaran kooperatif tipe NHT, model pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar kimia, keterampilan kerjasama
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 09:27
Last Modified: 23 Feb 2016 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13233

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum