IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5E SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KARAKTER SISWA KELAS XI SEMESTER 2 DI SMAN 1 DAGANGAN MADIUN JAWA TIMUR

EVA LUTVIANA , NIM. 10670059 (2014) IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5E SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KARAKTER SISWA KELAS XI SEMESTER 2 DI SMAN 1 DAGANGAN MADIUN JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5E SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KARAKTER SISWA KELAS XI SEMESTER 2 DI SMAN 1 DAGANGAN MADIUN JAWA TIMUR )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5E SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KARAKTER SISWA KELAS XI SEMESTER 2 DI SMAN 1 DAGANGAN MADIUN JAWA TIMUR )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan karakter siswa yang mencakup nilai kedisiplinan, kreativitas, tanggung jawab dan kerja keras, sehingga dapat mencapai kategori tinggi sebanyak 75% dari siswa kelas XI di SMAN 1 Dagangan Madiun Jawa Timur dengan mengimplementasikan model pembelajaran learning cycle 5E dalam setiap pembelajaran kimia dan mengetahui hasil dari implementasi model learning cycle 5E dalam meningkatkan karakter siswa yang meliputi kedisiplinan, kreativitas, tanggung jawab dan kerja keras siswa kelas XI semester 2 di SMAN 1 Dagangan Madiun Jawa Timur. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas. Siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Dagangan Madiun Jawa Timur tahun ajaran 2013/2014, sejumlah 32 siswa sebagai subyek dalam penelitian ini. penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus tediri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, observasi dan refleksi. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah implementasi metode learning cycle 5E dan hasilnya berupa peningkatan karakter siswa yang dibatasi pada implementasi nilai kedisiplinan, kreativitas, tanggung jawab dan kerja keras dalam ranah afektif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi implementasi nilai, lembar skala karakter siswa dan lembar skala karakter siswa untuk orang tua. Lembar observasi dan lembar skala siswa dan orang tua dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini dibedakan menjadi 2, yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan karakter siswa kelas XI di SMAN 1 Dagangan Madiun Jawa Timur dapat teramati dari proses yang telah diberikan. Mulai dari pertemuan pertama dan kedua pada siklus I siswa diajak untuk melakukan percobaan, dari sini sudah dapat terlihat kedisiplinan, kreativitas, kerja keras dan tanggun jawab siswa dalam pembelajaran. Semua siswa membawa apa yang telah ditentukan, datang tepat waktu tanpa ada yang terlambat, bertanya apabila ada yang kurang jelas, dan mau berusaha ketika mengalami kesulitan pada saat percobaan. Pada siklus II siswa diajak untuk menuangkan pemikirannya dalam mind mapping yang dibuat secara berkelompok dan pada pertemuan terakhir siswa diajak untuk mengisi TTS secara berkelompok. Dari proses pembelajaran yang telah dilakukan dapat terllihat peningkatan pada setiap siklusnnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode lerning cycle 5E dapat digunakan untuk meningkatkan karakter siswa. Peningkatan nilai kedisiplinan berturut-turut dari pra siklus sebanyak 0% mencapai kategori sangat tinggi, siklus I sebanyak 96,875% yang mencapai kategori sangat tinggi, dan siklus II sebanyak 100% yang mencapai kategori sangat tinggi. Pada nilai kreativitas dapat ditunjukkan dengan persentase jumlah siswa yang mampu mencapai kategori tinggi sebesar 0% pada pra siklus, sebesar 37,5% pada siklus I, dan 46,875% yang mencapai kategori tinggi pada siklus II. Nilai tanggung jawab yang mencapai kategori sangat tinggi sebesar 0% pada pra siklus, sebesar 53,125% yang mencapai kategori sangat tinggi pada siklus I, dan 78,125% mencapai kategori sangat tinggi pada siklus II. Nilai kerja keras yang mencapai kategori tinggi sebesar 0% pada pra siklus, sebesar 62,5% pada siklus I, dan 71,875% pada siklus II. Maka dari itu, penerapan metode lerning cycle 5E pada pembelajaran kimia dapat meningkatkan karakter siswa kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Dagangan Madiun Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: learning cycle, karakter, nilai, kedisiplinan, kreativitas, tanggung jawab, kerja keras
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 10:32
Last Modified: 23 Feb 2016 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum